REGIONAL

Pemkab Pelalawan Bahas Penyaluran Bantuan untuk Pasien dan yang Meninggal Akibat Covid-19

PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sedang menyiapkan bantuan kepada pasien yang terinfeksi Covid-19 dan yang meninggal karena Virus Corona.

Keputusan itu berdasar hasil rapat coffee morning yang digelar Pemda Pelalawan pada Senin (23/8/2021) yang dipimpin Bupati Pelalawan H Zukri dan Wabup H Nasarudin SH MH. Rapat diikuti seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pelalawan.

Selain membahas penanganan pandemi Covid-19 dengan mengevaluasi kinerja Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, juga membahas rencana memberikan bantuan terhadap warga yang terpapar virus corona juga dibahas.

"Kita sedang mempersiapkan bantuan kepada pasien Covid-19. Semua yang terpapar maupun yang meninggal dunia akan diberikan bantuan," terang Bupati Pelalawan H Zukri, sebagaimana dilansir Tribunpekanbaru.com.

Bupati Zukri menyampaikan, pihaknya ingin mempercepat proses penyaluran bantuan yang skema penyalurannya sedang dibahas. Adapun orang yang menjadi sasaran bantuan yakni pasien Covid-19 yang telah sembuh dan pasien yang masih menjalani isolasi atau penyembuhan.

Sebab, terang Zukri, saat ada anggota keluarga yang terpapar corona, ekonomi keluarga tersebut pasti terganggu. Apalagi yang terinfeksi Covid-19 merupakan kepala rumah tangga sebagai pencari nafkah, tentu akan semakin kesulitan.

Selain itu, lanjutnya, pasien Covid-19 yang meninggal dunia juga disiapkan santunan. Masyarakat yang anggota keluarganya meninggal terkonfirmasi positif Corona akan dibantu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kondisinya akan semakin parah jika yang meninggal adalah kepala keluarga atau tulang punggung keluarga. "Anak-anak yang menjadi yatim atau kehilangan orangtua akibat Covid-19 akan kita bantu," tambah Ketua Satgas Covid-19 Pelalawan ini.

Bupati Zukri mengimbau, masyarakat yang terjaring melalui tracing kontak erat atau diperiksa di rumah sakit agar kooperatif dan tidak melawan petugas. Jika mereka terdata sebagai penderita Corona akan mendapatkan bantuan.

Saat ini hasil pemeriksaan menggunakan swab test antigen sudah bisa menjadi dasar dalam menetapkan seseorang terpapar Covid-19 dan diberikan bantuan. ***





Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video