Tahun Ini, Pemkab Inhu Rencanakan Gelar Mountain Bike

Tahun Ini, Pemkab Inhu Rencanakan Gelar Mountain Bike
Bupati Indragiri Hulu H. Yopi Arianto, SE membuka MTQ tingkat Kecamatan Batang Gansal di Desa Sunga
RENGAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu berencana akan menyelenggarakan festival budaya dan kejuaraan Mountain Bike bertaraf internasional di lokasi wisata alam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) tahun 2016 ini. Event tersebut merupakan upaya Pemkab Inhu untuk lebih memperkenalkan wisata alam TNBT kepada masyarakat secara lebih luas.
 
Taman Nasional Bukit Tiga Puluh merupakan lokasi wisata yang menawarkan keindahan serta kondisi alam hayati dengan keanekaragaman flora dan fauna yang lokasinya sendiri tepat berada di Kecamatan Batang Gansal.
 
“Nantinya berbagai budaya asli Inhu mulai dari tarian, lagu dan budaya lainnya dari seluruh desa akan ditampilkan pada festival budaya bersamaan dengan event mountain bike tersebut,” jelas Bupati Inhu H Yopi Arianto saat berdialog langsung bersama para Kepala Desa dan masyarakat pada Pembukaan MTQ Kecamatan Batang Gansal di Desa Sungai Akar, Rabu (27/4/2016) malam.
 
Saat ini, lanjut Bupati Yopi, Pemkab Inhu masih merencanakan terkait dengan konsep penyelenggaraannya. Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat dapat memberikan dukungan serta kerjasamanya demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan itu.
 
Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bappeda dan Litbang Inhu H Junaedi Rachmat saat ditemui di sela-sela pembukaan MTQ Kecamatan Batang Gansal. Menurut Junaedi, rencana kegiatan tersebut dilaksanakan guna semakin memeriahkan festival batang gansal yang memang rutin diadakan setiap tahunnya.
 
Konsepnya sendiri, nantinya akan memadukan antara festival budaya dan kejuaraan mountain bike dengan memanfaatkan kondisi alam TNBT. Diharapkan, melalui event tersebut akan menarik perhatian bukan hanya wisatawan domestik namun juga mancanegara. 
 
"Dalam waktu dekat ini kita akan mensurvei terlebih dulu lokasinya, ini untuk mengetahui apakah kondisinya cocok sebagai jalur mountain bike. Selain itu faktor kemanannya sendiri juga penting kita pikirkan dan perlu adanya koordinasi yang baik bersama kepolisian dan TNI," tambahnya.
 
Sementara itu, gelaran MTQ ke 5 Tingkat Kecamatan Batang Gansal yang resmi dibuka langsung oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto malam tadi berlangsung cukup meriah. Total sebanyak 276 peserta dari 10 desa ikut ambil bagian pada MTQ yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Panglima Raja Desa Sungai Akar. 
 
Pada kesempatan itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto juga menyerahkan secara simbolis bantuan Pemkab Inhu kepada sejumlah perwakilan masyarakat. Bupati juga mengharapkan komitmen dari seluruh masyarakat muslim untuk terus melaksanakan program maghrib mengaji.
 
Hadir pada kegiatan itu, Ketua DPRD Inhu H Miswanto, anggota DPRD Inhu Raja Irwantoni, anggota DPRD Inhu Alson Sinaga, sejumlah Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Badan, Kepala Bagian, Camat, Polsek, Danramil,Kepala Desa serta Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat. (max)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri