Dukung Swasembada Pangan

Pemkab Inhu Serahkan Bantuan Mesin Handtraktor ke Petani

Pemkab Inhu Serahkan Bantuan Mesin Handtraktor ke Petani
Wakil Bupati Inhu H Khairizal menyerahkan bantuan mesin handtraktor secara simbolis kepada kelompok
RENGAT - Pemerintah Kabupaten Inhu kembali menyerahkan 16 unit mesin handtraktor kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Inhu. Penyerahan itu dilakukan Wakil Bupati Inhu H Khairizal usai bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke 20 di Halaman Kantor Bupati Inhu, Senin (25/4/2016).
 
“Total ada sebanyak 56 unit handtraktor yang diberikan kepada kelompok tani, 10 unit sebelumnya telah diserahkan, 16 unit hari ini, 20 unit dalam proses perakitan dan 10 unit lagi direncanakan akan kembali diberikan kepada para kelompok tani,” jelas Kepala Dinas Pertanian Inhu Rahmat saat ditemui di sela-sela proses penyerahan tersebut.
 
Rahmat juga menambahkan, total ada 16 kelompok tani dari 7 kecamatan yang menerima bantuan mesin handtraktor. Empat Kelompok tani dari Kecamatan Rakit Kulim, tujuh dari Kecamatan Kuala Cenaku. Sementara Kecamatan Peranap, Rengat, Rengat Barat, Seberida dan Batang Cenaku masing-masing satu kelompok tani.
 
Anggaran pengadaan mesin handtraktor ini berasal dari APBN tahun 2016. Kedepan, masih ada bantuan beberapa unit mesin lagi yang diserahkan diantaranya, traktor roda empat dan mesin exavator. Ini sebagai upaya Pemkab Inhu mendukung pencapaian target swasembada pangan Indonesia khususnya di Kabupaten Inhu.
 
Wakil Bupati Inhu H Khairizal sendiri mengharapkan agar proses ini tidak berhenti disini. Kepada semua pihak khususnya Dinas Pertanian Inhu, diharapkan dapat menjalin komunikasi bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) Inhu untuk membantu para petani dalam upaya pemasaran hasil panen sekaligus penetapan harga yang menguntungkan petani.
 
“Proses pemasaran dan penetapan harga juga harus kita pikirkan, ini penting agar para petani terus bersemangat untuk meningkatkan produksinya dan tetap komitmen bersawah dalam upaya mendukung swasembada pangan,” ungkap Wabup Khairizal.
 
Turut hadir pada penyerahan bantuan tersebut, Ketua DPRD Inhu Miswanto dan Anggota DPRD Inhu Raja Irwantoni, Sekda Inhu H Agus Rianto, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Inhu Rahmat serta beberapa pejabat di Lingkungan Pemkab Inhu. (max)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri