RSUD Teluk Kuantan Keluarkan 7 Langkah Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Kamis, 13 Agustus 2020 | 12:54:31 WIB
RSUD Teluk Kuantan Keluarkan 7 Langkah Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19
Ket Foto : Kabid Pelayanan dan Penunjang Medis RSUD Teluk Kuantan, Suparhan.

TELUKKUANTAN - Rantai penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) harus segera dihentikan. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, masyarakat juga berperan aktif untuk menghentikan transmisi Virus Corona. Caranya adalah dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Protokol Kesehatan Covid-19 yang utama adalah menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, serta menggunakan masker setiap keluar rumah. 

Untuk mengantisipasi dan upaya pencegahan terkait penyebaran Virus Corona atau Covid-19, pihak Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) melakukan langkah-langkah untuk masyarakat dan pengunjung di RSUD Teluk Kuantan.

Saat dikonfirmasi, Direktur RSUD Teluk Kuantan dr. M. Irvan Husen melalui Kabid Pelayanan dan Penunjang Medis Suparhan di ruang kerjanya, Rabu (12/8/2020) di Teluk Kuantan membenarkan hal tersebut. Bahwa pihaknya telah memberikan pengumuman kepada masyarakat dan melakukan langkah-langkah untuk pencegahan penyebaran virus Corona bagi masyarakat dan pengunjung di RSUD Teluk Kuantan.

Petugas RSUD Teluk Kuantan melakukan cek suhu pengunjung sebelum memasuki Rumah Sakit.

Ada Tujuh poin langkah-langkah yang diambil dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona tersebut, yakni:

Pertama, jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan saat masuk dan keluar dari Rumah Sakit. Kedua, pasien tidak diperkenankan dibesuk selama rawat inap. Ketiga, penunggu pasien maksimal 2 orang dan dalam keadaan sehat.

Kemudian yang Keempat, pengantar pasien poliklinik atau rawat jalan maksimal 1 orang. Kelima, semua pengunjung Rumah Sakit masuk melalui pintu utama. Keenam, pengunjung Rumah Sakit akan diskrining atau deteksi dini oleh petugas Rumah Sakit. Terakhir, anak di bawah umur 12 tahun tidak diperbolehkan masuk area rawat inap.

Kabid Pelayanan Dan Penunjang Medis RSUD Teluk Kuantan Suparhan mengatakan, sampai hari ini jumlah PDP 42 kasus sedangkan yang terkonfirmasi positif sebanak 18 kasus. "Jadi total berjumlah 60 kasus," terangnya.

Sementara, lanjut Suparhan, yang masih dirawat PDP 0 kasus, terkonfirmasi positif 9 kasus dan meninggal dunia PDP 8 orang.

Ruang tunggu RSUD Teluk Kuantan menerapkan protokol jaga jarak.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kewaspadaan. Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif Covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian," ajaknya.

Selain itu, kata Suparhan, jaga pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, konsumsi buah-buahan dan sayuran, rutin berolahraga dan istirahat yang cukup, serta konsumsi vitamin.

Suparhan juga meminta agar semua pihak tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya. "Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negative terhadap mereka," pintanya.  

Suparhan juga meminta bila ada masyarakat yang merasakan gejala Covid-19 seperti demam tinggi, sesak napas dan batuk-batuk, segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. "Tetap berdoa, Insyaallah kita akan melewati semua ini," tuturnya.  

Terakhir, Suparhan berharap Covid-19 cepat berakhir, sehingga masyarakat bisa beraktivitas melakukan kegiatan seperti sediakala, sehingga perekonomian masyarakat juga kembali pulih. (ADV/Ales)