Kodim 0302/Inhu Sosialisasikan Komcad.

Kodim 0302/Inhu Sosialisasikan Komcad.

RENGAT- Kodim 0302/Inhu melaksanakan Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat terhadap beberapa Ormas Kepemudaan di Wilayah Teritorial Kodim 0302/Inhu bertempat di Aula Makodim 0302/Inhu, Jl.R.Suprapto Kel.Sekip Hilir Kec.Rengat Kab.Inhu Selasa (11/8/2020).

Komcad (Komponen Cadangan) disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan Komponen Utama atau TNI dalam menghadapi ancaman militer.

Perekrutan warga sipil dalam Komcad dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Dalam sosialisasi tersebut, Komandan Kodim 0302/Inhu Kolonel CZI Eko Supri Setiawan,S.Sos.,M.Han. yang didampingi Pasiterdim 0302/Inhu Kapten Inf O. Sirait dan Pasipersdim 0302/Inhu Kapten Arh Adilman.S.  menyampaikan bahwa Warga Negara wajib melaksanakan bela negara baik dalam keadaan aman maupun keadaan tidak aman sebagaimana yang diamanahkan oleh UUD Republik Indonesia Tahun 1945.

“Dalam sosialisasi perekrutan komponen cadangan atas dasar perintah dari atasan, sebagai warga negara wajib membela negaranya disaat negara sudah terancam,” Ucap Dandim.

Untuk itu akan direkrut warga sipil untuk mengikuti pelatihan, latihan dasar kemiliteran selama satu bulan, semua biaya akan di tangung oleh negara, dari makan, tidur, seragam semua akan ditanggung negara.

Rencananya, dalam rekrutmen tahap pertama nantinya akan menyasar kalangan milenial usia 18-35 tahun. Rekrutmen ini bersifat terbuka alias siapa saja boleh mendaftar dan minimal tamatan Sekolah Dasar, asalkan memenuhi syarat.

“Komcad ( Komponen Cadangan) ini akan bergerak atau digunakan dalam keadaan negara ini darurat, dan setelah negara ini dinyatakan aman komcad akan di kembalikan ke seperti biasanya di profesinya masing-masing.


Berita Lainnya

Index
Galeri