Diikuti Wali Kota Pekanbaru, APEKSI Wilayah I Tindaklanjuti Instruksi Presiden Soal Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020 | 23:02:59 WIB
Diikuti Wali Kota Pekanbaru, APEKSI Wilayah I Tindaklanjuti Instruksi Presiden Soal Covid-19
Ket Foto :

PARIAMAN - Antisipasi penyebaran Covid-19 sudah mulai dilakukan Indonesia. Langkah-langkah cepat sudah dilakukan beberapa daerah, termasuk Kota Pekanbaru. Hal ini juga menjadi topik pembahasan dalam rapat kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) wilayah 1 dalam hal ini pulau Sumatera. 

Dijelaskan Ketua Korwil 1 APEKSI yang juga Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus MT menyebutkan raker  yang digelar sederhana dan tanpa melibatkan khalayak ini lebih fokus pada segala tindakan cepat antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Para wali kota se pulau Sumatera berkomitmen menjalankan instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait penanganan wabah Covid-19 yang terjadi.

"Raker ini kita lakukan untuk menindak lanjut dan menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo terkait antisipasi penyebaran Covid-19 di daerah," ujar Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT, Rabu (18/3/2020).

Firdaus menjelaskan, beberapa daerah yang rawan atau sudah terpapar juga sudah dilakukan Self Isolation. "Kebijakan-kebijakan cepat diambil dengan mempedomani instruksi presiden," ungkap Wali Kota Pekanbaru.

Sebagaimana diketahui, kegiatan rutin yang dihadiri 24 Walikota se Sumatera ini semulanya akan dilaksanakan selama 4 hari. Namun, untuk mengefektifkan perintah presiden, kegiatan tersebut hanya dilaksanakan dalam sehari. Selain itu, agenda kegiatan yang melibatkan orang ramai seperti pawai ditiadakan oleh panitia raker APEKSI ini. (Adv)