Komsos di Tempat Pengolahan Tahu Sumedang, Babinsa Koramil 16/Tapung Ingatkan Selalu Jaga Kebersihan

Komsos di Tempat Pengolahan Tahu Sumedang, Babinsa Koramil 16/Tapung Ingatkan Selalu Jaga Kebersihan

KAMPAR - Babinsa Koramil 16/Tapung Sertu Harjono selaku pembina masyarakat melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) di tempat pengolahan tahu Sumedang, yang berada di RT 01 RW 01 Desa Tapung Makmur, Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Minggu (5/4/2020).

Sertu Harjono mengungkapkan, untuk mendongkrak kemajuan ekonomi keluarga serta kebutuhan sebagai sumber pangan dan lauk-pauk, masyarakat harus memiliki keahlian, salah satunya dalam pembuatan tahu sumedang.

"Dengan situasi pandemi Covid-19 seperti ini diharapkan para pengrajin produksi makanan  rumahan menjaga pola yang bersih dan memperhatikan standar kehigienisan, dan pekerja tetap menggunakan masker dan  menjaga jarak," kata Babinsa Sertu Harjono.

Tumingan selaku pemilik dan pembuat olahan rumahan tersebut menjelaskan, sebelum membuat tahu Sumedang dirinya merupakan buruh panen sawit. Membuat tahu Sumedang yang sudah digelutinya selama kurang lebih 5 tahun dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggal di sekitar rumahnya.

Selain masyarakat setempat, terangnya, juga ada para pedagang yang datang untuk membeli hasil olahan untuk dijual kembali ke pasar tradisional. Kelebihan tahu Semedang dibanding tahu lain adalah berongga sehingga bila dimasak bumbunya langsung meresap dan enak juga buat cemilan.

"Bahan yang digunakan untuk pembuatan tahu adalah kacang kedelai. Walaupun saat ini  masih merebaknya virus Covid-19 namun bahan tersebut masih gampang dibeli di kedai dan harganya juga masih relatif stabil di pasaran," jelasnya.

Ia menuturkan, kesulitan para pengrajin olahan tahu apabila bahan susah didapat dan juga harganya mahal. Hal tersebut tentu berdampak pada harga tahu yang akan mereka jual. (rilis)


Berita Lainnya

Index
Galeri