Sambangi Tempat Tinggal Warga, Kadis Sosial P3AP2KB Meranti : Sangat Memprihatikankan

Sambangi Tempat Tinggal Warga, Kadis Sosial P3AP2KB Meranti : Sangat Memprihatikankan
Kepala Dinsos P3AP2KB Meranti saat menyambngi kediaman Samsinar

Meranti - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Kabupaten Kepulauan Meranti menyambangi kediaman Samsinar (63) warga Jalan Pelabuhan RT 02/RW 02 Dusun 3 Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi. 

Suami Samsinar baru saja meninggal dunia, Sabtu malam(09/11). Samsinar tinggal di rumah yang tidak pantas di sebut rumah karena kondisinya sangat memprihatinkan tanpa pintu, tanpa jendela, mirip sebuah bangsal dengan atap rumbia yang sudah pada bocor. 

Kepala Dinas (Kadis) Sosial P3APPKB Kepulauan Meranti Agusyanto Bakar SSos MSi sangat terenyuh melihat kondisi tempat tinggal Samsinar yang sejatinya tidak pantas di sebut rumah. 

"Melihat kondisi tempat tinggalnya sungguh sangat memprihatinkan dan sangat mendesak untuk diperbaiki, agar keberadaan tempat tinggalnya layak di sebut rumah," Ucap Agus saat melakukan kunjungan, pada (12/11/2019).

Agus berjanji akan mencari solusi dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak agar tempat tinggal bu Samsinar dapat segera diatasi.

"Kita berupaya agar permasaalahan tempat tinggal bu Samsinar dapat di temukan solusi yang tepat. Nanti akan kita coba tempuh, entah melalui program rehab rumah kalau tidak dana APBD, ya APBN maupun melalui program-program lain nantinya," Kata Agus menjelaskan.

Kunjungan mantan Sekretaris Dinas Pajak ini di dampingi Kasubbag Program, Kasi Rehabilitasi Sosial, Kasi perlindungan Sosial Bencana dan Kasi Jaminan Sosial Keluarga, tidak saja menyampaikan bantuan logistik, tetapi juga bertakziah karena bu Samsinar baru saja ditinggal suaminya di panggil Illahi.. 

"Upaya yang kita lakukan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah Kabupaten Meranti melalui Dinsos P3AP2KB. Ini bukan lagi sekedar panggilan tugas, tapi kondisi tempat tinggal bu Samsinar sudah menyentuh rasa kemanusiaan yang mempertajam sensitifitas kita sebagai sesama manusia," Ungkap Agus dengan pesan moralnya.

Disamping mencoba melalui program rehab rumah nantinya, Agus juga akan menginventarisir data kependudukan bu Samsinar apakah terdaftar atau tidak dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang di kelola Kementerian Sosial. 

"Kalau tidak masuk, akan kita upayakan agar terdaftar dalam BDT sehingga bu Samsinar bisa mendapatkan aneka bantuan sosial yang menjadi program prioritas pemerintah yang memang dirancang untuk membantu orang-orang seperti bu Samsinar," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos P3AP2KB Kepulauan Meranti Mashudi memaparkan terkait kunjungan tersebut pihak Dinsos P3AP2KB Kepulauan Meranti memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) kepada keluarga Samsinar.

"Kita lakukan sumbangsih secara sukarela dalam bentuk sembako dari Dinas dalam bentuk kepedulian terhadap masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti," terangnya.

"Disitu kita berikan sembako, diantarany ada beras gula pasir mie instan minyak goreng biskuit telor ayam teh kopi susu kental manis," tambahnya. (Red/rls)


Berita Lainnya

Index
Galeri