Gubri Syamsuar Ingin Riau Punya Kota Kembar dengan Malaysia

Gubri Syamsuar Ingin Riau Punya Kota Kembar dengan Malaysia

PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar ingin menjalin kerja sama kota kembar atau sister city dengan salah satu kota yang ada di Negeri Jiran, Malaysia. Namun, saat ini pihaknya sedang berkonsultasi dengan pihak Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

"Kota kembar ini hanya boleh ada satu, tidak boleh banyak. Sementara beberapa kabupaten dan kota kita masing-masing punya hubungan  sejarah dengan kota-kota di Malaysia. Di antaranya seperti Kampar dengan Melaka, Siak dengan Johor, Pekanbaru dengan Melaka," kata Gubri di Pekanbaru, Senin (4/11/2019).

Kemudian, Rokan Hulu yang juga memiliki hubungan dengan Malaysia karena makam Tuanku Tambusai yang di Seremban Malaysia. Lalu, Pelalawan yang memiliki hubungan dengan Johor karena banyak peninggalan kejayaan Kerajaan Johor di masa lampau dengan Kesultanan Pelalawan.

Maka dari itu, Gubri pun memilih untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kemenpar untuk menentukan mana yang paling berpotensi menjadi Kota Kembar.

"Dengan adanya kota kembar ini nanti diharapkan tingkat kunjungan wisata kita dapat meningkat. Kita juga bisa melakukan pertukaran pelajar," ungkapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri