Bikin Geger, Apa Sih Fenomena Equinox Itu?

Bikin Geger, Apa Sih Fenomena Equinox Itu?
PEKANBARU - Belakangan masyarakat Riau dibuat geger dengan beredarnya kabar melalui pesan singkat dan beberapa media sosial soal fenomena Equinox dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius yang akan terjadi selama dua pekan ke depan di Indonesia.
 
Pesan tersebut menyarankan warga agar berada dalam ruangan pada pukul 12.00-15.00. “Suhu akan berfluktuasi sampai 40 derajat,” bunyi pesan itu.
 
Lalu, Apa sih sebenarnya Fenomena Equinox itu? Situs Wikipedia menulis, Equinox adalah fenomena yang terjadi dua kali dalam setahun ketika sumbu bumi tidak terinklinasi terhadap matahari dan pusat matahari berada di bidang yang sama dengan khatulistiwa bumi. Tanggalnya khusus yaitu pada 21 Maret dan 23 September.
 
Nama Equinox berasal dari bahasa latin aequus yang berarti sama dan nox yang bermakna malam. Karena selama ekuinoks, panjang siang dan malam sama. Equinox berbeda dengan gelombang panas seperti kerap terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama
 
 
Sementara Strait Times menyebutkan, Equinox adalah peristiwa di mana matahari akan berada tepat di atas kepala pada tengah hari. Hal tersebut mengakibatkan suhu lebih tinggi terjadi pada siang hari.
 
Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin mengatakan, fenomena equinox yang terjadi ini merupakan kejadian yang biasa dan berlangsung dua kali dalam setahun. Jadi, pesannya, masyarakat tak perlu panik dan khawatir.
 
"Bukan seperti yang diisukan suhu mencapai 40 derajat celcius paling hanya 36 derajat celcius di Riau ini," terangnya. (max)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri