Awas! Jangan Asal Memencet Jerawat di Area Ini, Bisa Sebabkan Kematian!

Awas! Jangan Asal Memencet Jerawat di Area Ini, Bisa Sebabkan Kematian!

Saat wajah lagi jerawatan, kita pasti gatal ingin memegang hingga memencetnya! Memencet jerawat adalah hal yang sering dilakukan wanita yang jerawat muncul di wajah.

Secara refleks, wanita merasa bahwa jerawat harus segera dimusnahkan. Caranya adalah memaksa jerawat keluar dengan cara dipencet. Jika kamu punya kebiasaan seperti saat wajah lagi berjerawat, hentikan segera.

Ternyata kebiasaan memencet jerawat ini tidak baik. Bahkan bisa menimbulkan penyakit serius dan berujung pada kematian! Tidak percaya?

Seperti yang dilansir dari AsiaOne, pada wajah ada area yang dikenal sebagai "segitiga kematian". Area ini harus benar-benar Anda perhatikan.

Area itu meliputi sebagian wilayah mata, daerah penghubung hidung, sudut bibir dan wilayah bibir atas.

Di area wajah ini terdapat sistem pembuluh darah dan syaraf yang terhubung langsung ke otak. Atau yang disebut Cavernous Sinus.

Jadi jika Anda memencet jerawat yang muncul di area ini resiko yang dihadapi kulit bisa saja terinfeksi. Infeksi bisa menembus pembuluh darah hingga ke pusat syaraf.

Meski hal masih jarang terjadi, infeksi ini bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi seperti kehilangan penglihatan, kelumpuhan, meningitis dan bahkan berujung pada kematian.

Di laman wikipedia disebutkan dalam sebuah jurnal medis ada tiga kasus infeksi yang pernah terjadi di area segitiga berbahaya itu.

Pria berusia antara 19 sampai 36 tahun meninggal beberapa hari setelah mengalami jerawat atau bisul yang muncul di daerah bibir bagian atas. Laporan itu disebutkan diterbitkan pada tahun 1937.

"Di zaman sekarang ini tidak ada yang akan membiarkan infeksi akibat jerawat hingga ke tingkat itu. Jika jerawat makin besar dan mulai menyebabkan masalah segeralah temui dokter Anda," ujar Dr Sandra Lee atau yang juga dikenal dengan nama Dr Pimple Popper, ahli dermatologi di Los Angeles.

Meski begitu resiko itu selalu ada. Sebaiknya jangan pencet sendiri jerawat dengan tangan anda. Apalagi jika tangan tidak dalam kondisi bersih dan steril.


Berita Lainnya

Index
Galeri