19 Juni, Festival Bakar Tongkang Kabupaten Rohil Tahun 2019 Digelar

19 Juni, Festival Bakar Tongkang Kabupaten Rohil Tahun 2019 Digelar

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau terus mematangkan persiapan agenda wisata nasional Festival Bakar Tongkang yang setiap tahun dilaksanakan di Kota Bagansiapiapi, ibukota kabupaten itu.

"Insya Allah tahun ini tepatnya pada tanggal 19 Juni 2019 acara ritual Bakar Tongkang merupakan hari puncaknya," ujar Bupati Rohil, Suyatno usai memimpin rapat persiapan Festival Bakar Tongkang di Gedung Daerah Datuk Batu Hampar, Bagansiapiapi pada Selasa (11/6) malam.

Rapat persiapan Bakar Tongkang malam itu dihadiri Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan, Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil Agustiar, Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati mengajak seluruh panitia untuk lebih berperan aktif sesuai dengan tugas pokoknya masing-masing. Yang paling penting adalah masalah keamanan, karena puluhan ribu orang datang ke Kota Bagansiapiapi.

"Faktor keamanan sangat diperhitungkan sekali dan sangat penting bagi kita. Sehingga nanti berjalannya kegiatan-kegiatan yang sudah kita kemas, yang sudah kita rancang itu kita harapkan tidak ada lagi suara-suara sumbang di tengah-tengah masyarakat persoalan keamanan," kata Suyatno.

Kemudian yang kedua, kata dia, ada beberapa kegiatan menjelang Festival Bakar Tongkang yang sudah disusun seperti pawai Fashion Karnaval, Bagan Heritage, Pentas Seni hingga peninjauan ke Pulau Jemur. "Kesemuanya itu tentunya membutuhkan koordinasi yang baik antara satu dengan yang lainnya sehingga acara nantinya sukses terlaksana," ucap Suyatno.

Menurutnya, Festival Bakar Tongkang yang dilaksanakan setiap tahunnya itu merupakan momen yang sangat bagus dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat dengan berjualan.

"Karena yang hadir nanti masyarakat kita dari berbagai penjuru itu puluhan ribu orang. Nah ini yang harus kita petik, yang harus kita ambil dari momen-momen seperti ini tentunya berjualan apakah itu jualan makanan, pakaian dan lain sebagainya," katanya.

Dalam waktu dekat juga, kata Bupati, beberapa titik di Kota Bagansiapiapi akan dihiasi dengan payung berwarna-warni, supaya nanti ada perubahan yang sangat menarik dan ada kesan yang baik bagi para pengunjung yang datang ke Kota Bagansiapiapi.

"Saya mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Rohil, terutama sekali masyarakat yang tinggal di Kota Bagansiapiapi untuk sama-sama kita menjaga tamu-tamu kita yang berdatangan dari luar yang akan ramai datang ke Bagansiapiapi, terutama sekali masalah faktor keamanan sama-sama kita menjaganya," harapnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri