Coba Perhatikan Lidahmu, Kalau Ada Tanda Seperti Ini Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah!

Coba Perhatikan Lidahmu, Kalau Ada Tanda Seperti Ini Bisa Jadi Gejala Kanker Lidah!

Sebagai pengecap rasa, lidah merupakan salah satu organ penting yang berada di mulut. Walupun jarang terlihat, organ ini tak luput dari serangan penyakit. Bahkan penyakit seperti kanker lidah pun bisa menyebabkan kematian.

Timbulnya bintik merah di lidah atau bintik putih di lidah bisa menjadi pertanda awal munculnya kanker lidah. Lidah bintik merah ini bisa berkembang pada gusi atau daerah sekitar mulut lainnya.

Segera lakukan pemeriksaan jika lidah bintik-bintik merah yang menimbulkan rasa sakit, berubah warna, dan tak kunjung sembuh selama 14 hari. Awal munculnya kanker lidah bisa dideteksi dokter gigi yang terlatih mengamati perubahan halus dalam jaringan.

Menurut situs doktersehat.com, stadium awal kanker lidah juga ditandai dengan munculnya benjolan pada lidah yang bisa dengan mudah berdarah. Penyakit ini juga bisa menyebabkan rasa sakit saat mengunyah dan menelan.

Tanda lain yang bisa kamu waspadai adalah hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mati rasa serta terjdinya perubahan suara.

Gejala kanker lidah juga ditandai dengan sakit tenggorokan kronis atau rasa sakit yang menjalar hingga ke telinga.

Jika memiliki bintik-bintik di lidah selama lebih dari beberapa minggu dan kamu tidak tahu penyebabnya, temui dokter gigi atau dokter.

Lidah berwarna putih dan bintik merah serta benjolan, seperti sariawan dan lidah berbulu hitam, dapat didiagnosis hanya pada penampilan saja. Kamu bisa memberitahukan pada tentang riwayat hidup dan gejala lainnya.

Jadi, waspadai jika ada bintik merah di lidah, dengan memeriksakan ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.


Berita Lainnya

Index
Galeri