Firdaus: Kuota CPNS Pekanbaru Tak Sebanding dengan Jumlah ASN yang Pensiun

Firdaus: Kuota CPNS Pekanbaru Tak Sebanding dengan Jumlah ASN yang Pensiun

PEKANBARU - Meski merasa bersyukur karena Kota Pekanbaru kebagian jatah penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Walikota Pekanbaru Firdaus, mengatakan jika apa yang didapat tahun ini tidak sebanding dengan banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah pensiun.

"Dalam tiga tahun ini, jumlah ASN yang pensiun sudah seribuan orang. Sementara yang kita dapat 304 kuota CPNS. Tentu, kita masih kekurangan jumlah ASN," kata Firdus, Selasa (18/9/2018).

Firdaus menyebut, dengan kuota CPNS yang didapat Pemko Pekanbaru sebanyak 304 orang, paling banyak penerimaan CPNS yakni untuk tenaga pendidik dengan 180 kuota. 

"Selain guru, penerimaan CPNS diperuntukan bagi tenaga kesehatan dan infrastruktur," ujarnya seraya menyebut Pemko Pekanbaru masih kekurangan jumlah ASN.

Senada dengan Walikota Pekanbaru, Firdaus, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, juga menyampaikan hal yang sama terkait dengan penerimaan CPNS.

"Usulan awal kita untuk tenaga pendidik atau guru sebanyak 1.200 tapi formasi yang diperuntukan bagi Disdik Pekanbaru hanya mendapatkan 180 kuota CPNS," kata Jamal.

Ia menyebut, 180 formasi CPNS untuk tenaga pendidik di Pekanbaru masih jauh dari kata cukup. Bahkan, kuota 180 dari 304 jatah CPNS belum sanggup untuk menutupi angka guru yang pensiun tahun ini.

"Jumlah guru yang pensiun saja tiap tahunnya ada 200 an orang. Bahkan, tahun ini ada ada 278 guru yang pensiun. Sementara kita kekurangan lebih kurang 1.056 guru yang berstatus PNS," pungkasnya.


Berita Lainnya

Index
Galeri