Plt Gubri dan Bupati Rohul H. Sukiman Saksikan Pengukuhan Pengurus Hulubalang

Plt Gubri dan Bupati Rohul H. Sukiman Saksikan Pengukuhan Pengurus Hulubalang

PASIRPANGARAIAN - Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Rokan Hulu (Rohul)  H. Tengku Rafli Armien S.Sos, kukuhkan pengurus dan anggota Hulubalang Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rokan Hulu (Rohul), di Kantor LAM Rohul, Selasa (15/5/2018) sore.

H. Syafaruddin Poti SH bergelar Panglimo Bosa Pagar Alam, resmi dilantik sebagai ketua Umum dan Sekretarisnya Minarli Ismail bersama pengurus lainnya.

Pengukuhan pengurus Hulubalang LAMR Rohul, dihadiri Plt Gubernur Riau, H. Wan Thamrin Hasyim,  Bupati Rohul H. Sukiman,  Ketua MKA LAM Riau Al Azhar, ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini, Dandim 0313/ KPR, letkol Inf Beny Setianto, Kapolres Rohul, AKBP M. Hasyim Risahondua, Kepala Kejari Rohul, Freddy Simanjuntak, serta  para kepala Dinas dan Badan di lingkungan Pemkab Rohul.

Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim dalam amanatnya berpesan kepada ketua Hulubalang Rohul serta pengurusnya, agar selalu menjaga keamanan dan kedamaian di Negeri Seribu Suluk.

"Sesuai dengan julukannya Hulubalang, tugasnya jelas yakni sebagai Tameng yang selalu berada di depan bukan di belakang. Sehingga keberadaan Hulubalang adalah orang pertamanya yang menghalau jika terjadinya konflik," jelas Gubri.

Ditambahkan Gubri Wan Thamrin Hasyim lagi, bahwa Hulubalang merupakan Tameng negeri, dan merupakan orang yang berada di depan jika ‎terjadi konflik yang mengancam kedaulatan tanah air dan tanah melayu, dan Hulubalang harus terus waspada selalu.

Menurut Gubri Wan Thamrin Hasyim, saat ini banyak teror Bom yang terjadi di seluruh penjuru Indonesia, untuk itulah peran hulubalang juga menjadi penting dalam mendeteksi dini ancaman-ancaman teror ini. Juga diminta agar Hulubalang Rohul, membangun sinergitas dengan pemkab Rohul dan Forkopimda Rohul dalam menjaga keamanan.

"Hulubalang agar selalu ambil langkah Preventi, jangan sampai sudah terjadi baru kita bergerak, tentunya banyak yang dirugikan. Bom itu tidak ada matanya, sehingga harus tetap waspada," imbaunya.

Lebih lanjut dijelaskan Wan Thamrin Hasyim, bahwa Hulubalang harus bisa memberikan kontribusinya sebagai Tameng dan pengamanan daerah, terlebih umat muslim akan memasuki bulan suci Ramadhan.

"Maka, jalankan tugas dan fungsi dari Hulubalang dengan sebaik-baiknya, selalu jalin hubungan baik dengan Pemkab Rohul dan Forkopimda Rohul, sehingga Negeri Seribu Suluk Akan selalu aman," harapnya.

Di tempat yang sama, ‎Ketua LAM Riau Rohul H. Zulyadaini mengungkapkan, bahwa Hulubalang merupakan perlengkapan dari LAM yang memang harus terbentuk dalam menjaga Negeri ini.

"Hulubalang bertugas menjaga negeri serta nilai-nilai dan hukum adat kita, yang dizaman Modren seperti saat ini sudah mulai hilang," sebutnya.

Dirinya berharap, Hulubalang bisa menjaga hum dan nilai-nilai adat di Negeri Seribu Suluk bagi generasi muda Rohul.

Kegiatan berlangsung meriah, dan suasana di Kantor LAMR Rohul dipadati masyarakat, baik para pengurus LAMR Rohul, dari LKA di lima Luhak se-Rohul, serta tamu undangan lainnya. Bahkan, Gubri dan rombongan dipasangkan Tanjak Unak Serantau, yang merupakan tanjak khas Rohul, termasuk kepada Bupati Rohul H Sukiman, pejabat Forkompinda lainnya. (Adv/Humas)


Berita Lainnya

Index
Galeri