Bupati Rohul Bagikan KTP, KK dan Akta Kelahiran Gratis ke Masyarakat Rambah Samo

Senin, 30 April 2018 | 13:22:13 WIB
Bupati Rohul Bagikan KTP, KK dan Akta Kelahiran Gratis ke Masyarakat Rambah Samo
Ket Foto : Bupati Sukiman didampingi Kadisdukcapil dan Camat Rambah Samo menyerahkan KK, KTP dan Akte kelahiran kepada warga dan Kades di Desa Rambah Utama.

PASIRPANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman membagikan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el/ e-KTP), kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran gratis kepada masyarakat di Kecamatan Rambah Samo.

Pembagian KTP-el, KK dan akta kelahiran dilakukan Bupati Rohul Sukiman usai memimpin apel gabungan diikuti seluruh Kepala Desa (Kades), UPTD, serta perangkat desa se-Kecamatan Rambah Samo, sekaligus Lomba Cipta Menu Serba Ikan antar desa, sempena peringatan Hari Kartini 2018, di pendopo Desa Rambah Utama :.

Pada kegiatan tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rohul melakukan perekeman KTP-el gratis, serta pembuatan KK dan akta kelahiran.

Bupati Rohul Sukiman, pada sambutannya mengharapkan kegiatan tersebut bisa meningkatkan disiplin terhadap pegawai di tingkat kecamatan, UPTD, dan Kades dan seluruh perangkat yang ada.

Ia juga berharap apel gabungan yang digelar secara rutin tersebut, maka tingkat disiplin perangkat desa di pemerintahan kecamatan, pemerintahan desa dan UPTD di Kecamatan Rambah Samo lebih baik lagi ke depannya.

"Dari kegiatan ini kita melihat seluruhnya melaksanakan apel dengan khidmat. Kita berharap ke depannya Kecamatan Rambah Samo lebih baik lagi,"‎ harap Bupati Rohul.

Setelah apel gabungan, Bupati Rohul Sukiman melihat langsung prosesi perekaman KTP-el serta pengurusan KK dan akta kelahiran yang digelar Disdukcapil Rohul di pendopo Desa Rambah Utama. Bupati juga berdialog dengan masyarakat yang mengikuti proses perekaman KTP-el.

Bupati Sukiman mengimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-el segera mengikuti proses perekaman dengan mendatangi UPTD di kecamatan, atau datang langsung ke Kantor Disdukcapil Rohul.

"Bukan hanya KTP elektronik saja, kartu keluarga dan akta kelahiran juga harus diurus oleh masyarakat karena itu penting," imbau Bupati Rohul Sukiman.

Bupati Sukiman bersama rombongan menyempatkan diri melihat Lomba Cipta Menu Serba Ikan dalam rangka memeriahkan Hari Kartini yang diikuti oleh ibu-ibu PKK desa se-Kecamatan Rambah Samo, dan mencicipi bebagai makanan dan minuman yang disajikan oleh peserta.

"Ibu-ibu di Kecamatan Rambah Samo kreatif sekali, ikan bisa dimasak menjadi berbagai menu makanan. Makanan dan minuman yang dilombakan cukup kreatif dan enak," kata Bupati Sukiman.

Sementara, Kepala Disdukcapil Rohul Syaiful Bahri mengatakan perekaman KTP-el dilaksanakan dalam upaya memudahkan masyarakat mengurus KTP-el, termasuk KK dan akta kelahiran.

Syaiful menambahkan, program dilakukan Disdukcapil Rohul adalah sistem jemput bola‎ yang dilakukan ke desa-desa yang ingin melakukan perekaman KTP-el, KK dan akta kelahiran secara massal.

"Kita akomodir ini untuk percepatan dan target Kementrian Dalam Negeri agar seluruh masyarakat bisa memiliki identitas diri yang sah secara negara. Bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman, bisa datang ke UPTD atau Kantor Disdukcapil. Seluruh biaya gratis tanpa ada pungutan," ajak Syaiful. (adv-humas)