Semarak Hardiknas

Mencontoh Nilai-nilai Kebaikan Melalui Film Pendidikan

Mencontoh Nilai-nilai Kebaikan Melalui Film Pendidikan
Suasana nonton bareng film Tanah Air Beta di Aula Ki Hajar Dewantara LPMP Riau, Rabu (25/4/2018).

PEKANBARU - Kegiatan demi kegiatan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018 yang ditaja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berlangsung.

Koordinator acara, Yeni Maulina, S.Pd, mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh tiga UPT ini adalah cara memeringati kelahiran tokoh pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara.

"Oleh karena itu, tiga UPT Kemendikbud mengisi sejumlah kegiatan seperti pada hari ini pemutaran film Tanah Air Beta yang sarat dengan pendidikan, dan pagelaran seni, serta lomba membaca puisi," kata Yeni kepada RiauRealita.com, Rabu (25/4/2018).

Acara menonton bersama itu dibuka oleh Koordinator UPT Kemendikbud Riau Drs. Mulyatsyah, MM. Dalam kata sambutannya, dia mengapresiasi kedatangan ratusan pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pekanbaru yang hadir dalam pemutaran film.

"Menonton film adalah bagaimana mencontoh nilai-nilai kebaikan. Itulah yang disebut karakter," imbuh Kepala LPMP Riau itu yang tampak didampingi Kepala Balai Bahasa Riau, Drs. Umar Solikhan, M.Hum.

Pantauan RiauRealita.com, pemutaran film yang berlangsung pukul 09.00 hingga 11.30 wib. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan pagelaran seni oleh sembilan sekolah dari tingkat SD hingga SMA.

Tak hanya itu, kegiatan lain yang digelar serentak dengan pemutaran film adalah lomba membaca puisi. Puluhan peserta terpantau antusias mengikuti perlombaan yang ditaja untuk tingkat SMP/Madrasah Tsanawiyah (Mts) se-Provinsi Riau tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Penguatan Mutu dan Supervisi Pendidikan LPMP Riau, Zukirman mengatakan sejumlah kegiatan itu digelar sesuai dengan tema Hardiknas 2018, yakni "Meningkatkan Pendidikan dan Menguatkan Kebudayaan".

"Sesuai dengan instruksi dari Kemendikbud, kami mengolaborasikan berbagai kegiatan yang menyangkut unsur pendidikan dan menguatkan kebudayaan," katanya.


Laporan: Anju Mahendra


Berita Lainnya

Index
Galeri