Loading...
RIAU

SHU Kembali Fantastis, KUD Bumi Asih Gelar RAT Tahun Buku 2017

PASIRPANGARAIAN - KUD Bumi Asih Desa Kabun Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2017 yang diadakan di aula KUD Bumi Asih desa Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rohul, Riau, Rabu (11/4/2018).

Dalam acara RAT tersebut tampak hadir Kepala Dinas Koperasi UKM Transmigrasi dan tenaga kerja Rohul Hery Islami,Camat kabun Anang P Putra, General Manager (GM) Tandun Ir. Haris Hamonangan Harahap,Manager PTVN V Sei Batulangka Posta Ojak Pardede,Danramil Kabun Sulaiman,Kepala KUA Kecamatan Kabun, Kapolsek Kabun AKP. Didi Antoni, perbankan, tokoh agama, tokoh adat, ketua dan seluruh pengurus KUD Bumi Asih serta 350 anggota.

Ketua Koperasi Bumi Asih H. Abdul Maas dalam laporannya menyampaikan, Sisa Hasil Usaha (SHU) KUD Bumi Asih untuk tahun buku 2017 berjumlah Rp1.029.733.687 Hasil tersebut naik dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp978.646.102.

Loading...

Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil usaha yang dilaksanakan selama satu tahun dengan melakukan berbagai pengembangn usaha dengan melibatkan seluruh anggota yang ada," terang H. Abdul Maas.
 
KUD Bumi Asih juga mengembangkan sayap untuk pengembangan usaha pada tahun 2017, adapun pengembangan usaha tersebut yaitu pembelian lahan dari masyarakat atau pihak ketiga seluas 7 Ha, dan pembukaan lahan bekas kebun karet KUD Bumi Asih kurang lebih 18 Ha. 

Disamping itu KUD Bumi Asih telah memperoleh sejumlah prestasi dibidang kelembagaan antara lain:

1. Koperasi terbaik III tahun 2012 di Provinsi Riau
2. Koperasi terbaik I tahun 2016 di Kabupaten Rokan Hulu. 
3. Koperasi SHU tertinggi III di kabupaten Rokan Hulu. 
4. Koperasi terbaik I pola KKPA yang bermitra dengan PTPN V Riau selama 3 tahun berturut-turut dalam kategori administrasi,usaha dan pembayaran kredit. 
5. Koperasi Bumi Asih menjadi koperasi usulan kabupaten Rokan Hulu dan Provinsi Riau mengikuti panilaian menjadi koperasi terbaik tingkat nasional.

Ketua koperasi H. Abdul Maas juga mengajak seluruh pengurus dan anggota untuk menyatukan langkah,satu kata untuk memajukan program kerja dengan menerapkan rasa saling memiliki,supaya mulai tahun 2018 kedepan masyarakat, anggota pada umumnya semakin sejahtera karna koperasi ini didirikan dengan prinsif dari kita untuk kita dan oleh kita," ungkapnya.

Dalam akhir sambutannya Ketua KUD Bi Asih H.Abdul Maas juga berterimakasih kepada Kepala Dinas Koperasi UKM transmigrasi dan tenaga kerja Kabupaten Rokan Hulu  yang telah membina serta memberikan arahan dalam semua kegiatan KUD Bumi Asih,serta Camat Kabun yang memberikan bimbingan hingga KUD Bumi Asih mandapat sejumlah prestasi dan tidak terlepas juga dari kapolsek, Danramil.

"Kabun yang senantiasa mangawal dan menjaga keamanan semua kegiatan  KUD Bumi Asih. Juga kepada kepala KUA Kecamatan Kabun yang memberikan bimbingan keagamaan untuk selalu bersyukur demi kemajuan dan kenyamanan KUD Bumi Asih," ungkap H.Abdul Maas mengahiri sambutannya."

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM Transmigrasi dan tenaga kerja Hery Islami mengatakan, KUD Bumi Asih telah masuk nominasi untuk kategori koperasi terbaik untuk tingkat nasional.

"Untuk itu diharapkan ke depannya KUD Bumi Asih ini agar lebih giat lagi mengembangkan usaha di berbagai bidang. Sehingga SHU semakin tahun semakin melonjak. Dengan demikian anggotanyapun juga semakin sejahtera," tutur Kadis.

Menurut Hery Isalami, kebanyakan permasalahan yang timbul di tubuh koperasi adalah masalah kerja sama dengan bapak angkat ataupun perusahaan dan juga tidak transparannya pengurus bersama anggota,tetapi kalau untuk KUD Bumi Asih saya yakin dan percaya dan tidak akan terjadi hal yang demikian. 

"Ke depan kita akan melakukan pembinaan kepada koperasi tidak sehat apalagi dengan adanya peraturan baru, KUD harus menggelar rapat satu kali dalam sebulan dan satu kali setahun,.Apabila KUD tersebut tidak mengadakan rapat maka dinas terkait berhak untuk menyegelnya atau membubarkan KUD tersebut," terang Kadis.

Di sela-sela giat RAT tersebut Kadis Koperasi UKM Transmigrasi dan Tenaga Kerja memberikan sertifikat kepada ketua KUD Bumi Asih H. Abdul Maas.

Dorles Simbolon



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video