Malam Puncak Pemilihan Duta Bahasa Riau 2018

Ini Dia Pemenang Duta Bahasa Riau 2018

Drs. Umar Solikhan, M.Hum melakukan sesi foto bersama dengan finalis dan pemenang Duta Bahasa 2018

PEKANBARU – Duta adalah seseorang yang menjadi wakil pada bidang tertentu. Peran seorang duta, bukan sebatas ucapan semata tentu juga melalui perilaku. Selain itu, tugasnya yang lain, tentu saja memperkenalkan bidang yang diwakilinya.

Salah satu duta yang dimiliki Indonesia, yaitu duta bahasa. Setiap tahun, Balai Bahasa Provinsi Riau menggelar pemilihan duta bahasa untuk mengampanyekan sekaligus menyosialisasikan pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selebihnya, merawat dan melestarikan bahasa pemersatu bangsa Indonesia.

Pemilihan duta bahasa Riau 2018 yang digelar Sabtu (7/4/2018) di Hotel Pangeran menjadi malam puncak 40 finalis yang mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Usai bersaing ketat pada ajang ini, akhirnya tiga dewan juri, yaitu Kepala Balai Bahasa Provinsi Riau, Drs. Umar Solikhan, M.Hum, Wakil Rektor I Universitas Lancang Kuning, Dr Junaidi, dan Ketua Ikatan Duta Bahasa Riau, Candra Alfindodes memutuskan Amirhan dan Syafariah Rizka sebagai Duta Bahasa Riau 2018. 

Umar Solikhan mengatakan, wawasan tentang kebahasaan dan pengetahuan umum adalah modal utama menjadi pemenang duta bahasa. Selain itu, di luar penampilan yang menarik, kemampuan berbicara di depan publik juga menjadi sorotan juri ketika calon duta bahasa menjelaskan pertanyaan yang diajukan oleh juri. 

“Alhamdulillah, seluruh finalis rata-rata mampu berbicara dengan baik di depan publik,” kata Umar kepada RiauRealita.com di sela-sela jeda.

Terpilihnya Amirhan dan Syafariah Rizka sebagai Duta Bahasa Riau 2018, Umar berharap kelak kedua pasangan duta bahasa itu mampu berbicara banyak di tingkat nasional.  

Tidak sampai di situ, Umar juga mengatakan, dari 40 finalis dikerucutkan menjadi 20 finalis lalu dipilih tiga pasang terbaik untuk pemenang pertama, kedua, dan ketiga, serta pemenang duta bahasa persahabatan, dan pemenang duta bahasa favorit. Berikut nama-nama pemenang Duta Bahasa Riau 2018.

Pemenang Favorit: Kiki May Surya
Pemenang Persahabatan: Kiki Herianto
Pemenang III/Putra: Rom Dhanil
Pemenang III/Putri: Mifthul Jannah
Pemenang II/Putra: Rio Arjani Putra
Pemenang II/Putri: Siska Ayu Anggraini
Pemenang I/Putra: Amirhan
Pemenang I/Putri: Syfariah Rizka

 

Laporan: Anju Mahendra



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video