Berencana Bangun Islamic Centre

Sekdakab Bengkalis dan Rombongan Kunjungi Masjid Agung Rohul

Sabtu, 07 April 2018 | 19:44:22 WIB
Sekdakab Bengkalis dan Rombongan Kunjungi Masjid Agung Rohul
Ket Foto :

PASIRPANGARAIAN - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis H. Bustami HY SH, MM, dan rombongan mengunjungi Masjid Agung Islamic Centre Rokan Hulu (Rohul) di Kota Pasirpangaraian.

Pada kunjungannya tersebut, tampak Asisten II Setdakab Bengkalis H. Heri Indraputra SE, ME, Kadis PU Bengkalis Tajul, Kepala Bappeda Bengkalis Jondi, Kepala Bapenda Bengkalis Imam Hakim, Kabag Humas Fadli, Kepala Dinas Kominfo Bengkalis Johansyah, Kepala Dinas Perumahan Gendrayana, Kabag Kesra, Kepala BKAD Aulia, dan lainnya.

Rombongan dari Pemkab Bengkalis disambut hangat oleh Bupati Rohul H. Sukiman, diwakili Sekda Rohul Ir. Damri Harun, Kepala Bappeda Kabupaten Rohul Nifzar Rachman SP, M.Ip, serta sejumlah pengurus Islamic Centre Rohul.

Saat kunjungan tersebut, Sekda Bengkalis dan rombongan diajak berkeliling oleh Sekda Rohul dan Kepala Bappeda Rohul ke seluruh kawasan Masjid Agung Islamic Centre Rohul di Pasirpangaraian yang dibangun di atas lahan‎ 22 hektar tersebut.

Mulai ruang salat di Masjid Agung dua lantai yang dapat menampung 17 ribu jemaah,‎ ruang perpustakaan digital, klinik, kawasan bisnis centre di lantai basement, aula atau convention hall, sampai dijamu istimewa di ruangan pengurus yang sangat megah.

Di sela kunjungannya, Sekda Bengkalis Bustami HY, mengatakan kunjungan dirinya bersama rombongan ke Islamic Centre Rohul merupakan tindaklanjut dari rapat dilakukan Pemkab Bengkalis sebelumnya, yakni rencana pembangunan Islamic Centre di Kabupaten Bengkalis.

Bustami mengungkapkan Pemkab Bengkalis berencana membangun Islamic Centre di jalan lingkar Kota Duri, Kecamatan Mandau, menggunakan lahan sekira 20 hektar.

Setelah diajak berkeliling, Bustami mengaku kawasan Islamic Centre Rohul merupakan kawasan islamic terbagus dan terbaik di Provinsi Riau, bahkan di Indonesia.

"Baik dari sisi pembangunannya sampai di sisi pengelolaannya.‎ Kita nilai terbaik di islamic centre Islamic Centre Rokan Hulu di Pasirpangaraian ini," kata Bustami.

Untuk rencana pembangunan Islamic Centre yang akan mulai dibangun‎ di Kota Duri pada tahun 2018 ini, diakui Bustami, Islamic Centre Bengkalis akan dibangun dengan khas tersendiri, sama halnya dengan Islamic Centre Rohul yang punya ciri khas tersendiri.

"Namun di sisi pengelolaan dan penataan, tentunya yang baik akan kita adopsi nanti," tambahnya.

Sekda Bengkalis Bustami mengaku Islamic Centre Rohul menjadi acuan bagi Pemkab Rohul karena baru Islamic Centre ini yang dinilai terbaik dan terlengkap.

Beberapa fasilitas dan pendukung lain yang lengkap ini yang dinilainya menjadi daya tarik tersendiri bagi Islamic Centre Rohul, mulai dari masjid yang sangat megah‎, serta didukung beberapa fasilitas pendukung lainnya.

"Kita melihat islamic ini sudah terlengkap, memiliki sarana pendidikan, tempat ibadah‎, dan fasilitas umum sudah lengkap. Tinggal lagi nanti bagaimana pengelolaan super market di bidang ekonominya," ujarnya.

‎Pembangunan Islamic Centre Bengkalis di Kota Duri, diakui Bustami, juga sudah didukung penuh oleh masyarakat dan merupakan keinginan kuat dari masyarakat Bengkalis, khusunya di Kecamatan Mandau.

Sementara itu, Ketua Pengelola Islamic Centre Rohul H. Zulyadaini, diwakili Dipendri merupakan salah seorang pengelola Islamic Centre Rohul mengaku sangat senang atas kunjungan Sekda Bengkalis dan rombongan pejabat‎ dari Pemkab Bengkalis tersebut.

"Kami dari Pemkab Rohul sangat senang dengan kunjungan dari Pemda Bengkalis. Dengan kunjungan Pemda ini juga kami dapat ilmu dan masukan bagaimana pengelolaan manajemen ke depan. Ini juga silaturahmi kami dengan Pemda Bengkalis," jelas Dipendri.

Adanya kunjungan pejabat dari daerah tetangga ini, Dipendri mengharapkan Masjid Agung Islamic Centre Rohul akan lebih terkenal lagi ke depannya.

"Dengan banyaknya kunjungan kita dapat perbaikan dan masukan, jadi kita akan berbenah diri ke depan," jelas pria yang juga menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rohul.

Adanya pujian dari Pemkab Bengkalis, Dipendri mengaku hal itu menjadi cambuk bagi pengelola Islamic Centre Rohul dalam upaya meningkatkan program keagamaan dan kemasyarakatan ke depan, sehingga masyarakat Indonesia ‎dan mancanegara, termasuk para dai nasional akan banyak datang ke Kabupaten Rohul.

"Tentunya kedatangan mereka akan membantu dalam mengenalkan kemegahan Islamic Centre Rokan Hulu," ujarnya.

Dipendri mengaku dari kunjungan tersebut, ada masukan dari Pemkab Bengkalis, seperti untuk sistem pengelolaan, penerimaan tamu, dan masukan untuk kerjasama kepengurusan. "Semua masukan ini akan kita tingkatkan lagi," pungkas Dipendri.***(adv-humas)