Bupati Sukiman Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten Rohul Tahun 2018

Bupati Sukiman Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten Rohul Tahun 2018

PASIRPANGARAIAN - Bupati Rohul H.Sukiman secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Rohul tahun 2018, bertempat di Convention Hall Islamic Center Pasirpengaraian.

Acara yang ditaja Bappeda Rohul tersebut dihadiri Forkopimda, wakil Ketua DPRD Rohul Hardi Chandra, Anggota DPRD Riau Dapil Rohul, Sekda Rohul Ir Damri Harun MM, Rektor UPP Dr Adolt Bastian MPd, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Kepala Desa se Rohul.

Hadir Perwakilan Kemendagri RI, Perwakilan Bappenas RI, Bappeda Provinsi Riau, Pimpinan Perbankan, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Organisasi Masyrakat yang ada di Rohul.

Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan, pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten Rohul tahun 2018, salah satu tahapan dan proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2019 mendatang.

Dengan mengacu Visi Misi Kabupaten Rohul ''Bertekat mewujudkan Kabupaten Rohul sejahtera melalui peningkatan pembangunan ekonomi kerakyatan, pendidikan, infrastruktur, kesehatan dan kehidupan agamis yang harmonis dan berbudaya,''

Dengan tema pembangunan daerah tahun 2019 yakni, ''Pemenuhan kebutuhan infrastruktur pendukung untuk menjaga konektivitas desa dan kota serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat''

Menurutnya, pelaksanaan  Musrenbang Kabupaten Rohul ini, melibatkan stake holder pembangunan di setiap level musrenbang desa, kecamatan dan kabupaten.

Keterlibatan masyarakat, mencerminkan partisipasi dalam menyuarakan aspirasi pembangunan di Rokan Hulu. Penyelenggaraan musrenbang, sebagai bentuk penajaman isu strategis pembangunan dan percepatan rancangan program kegiatan yang telah dibahas di Forum Konsultasi Publik dan Forum SKPD.

Dengan harapan, agar perencanan dikendalikan oleh tujuan yang dicapai, melalui perhitungan cepat, anggaran yang efektif dan tepat sasaran. 

''Saya berharap OPD Rohul dalam proses penyusunan RKPD tahun 2019, mengacu kepada 8 program prioritas yang telah ditetapkan, agar pembangun yang dilaksanakan terarah, dan hasil pembangunan dapat dinikmati masyarakat Rohul. Maka itu prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat banyak,'' ujarnya.

Disamping itu, Sukiman menyebutkan, prioritas pembangunan daerah harus terintegrasi dengan agenda prioritas nasional (Nawa Cita) Sehingga perlu penyelarasan prioritas pembangunan daerah dengan prioritas pembangunan nasional tahun 2019.

''Perencanaan pembangunan tahun 2019, mengacu kepada program prioritas. Tentunya pembangunan daerah yang direncanakan itu, mengacu dari hasil Musrenbang Desa, Kecamatan, kabupaten serta pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Rohul yang akan dicermati bersama, dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,'' tuturnya.

Dia berharapkan hasil Musrembang Kabupaten Rohul ini nantinya akan menjadi masukan, dalam pelaksanaan Musrenbang  Provinsi Riau. Karena RKPD Rohul 2019 tetap besinergi dengan program skala prioritas Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat.

Sementara itu, Kepala Bappeda Rohul Nifzar SP MIp mengatakan,perencanaan pembangunan Kabupaten Rokan hulu, tetap memperhatikan asas-asas prioritas pembangunan sesuai rencana pembangunan jangka panjang (RPJP), serta sinergi dengan pembangunan provinsi dan nasional.

Musrembang ini merupakan tahap ketiga perencanaan pembangunan daerah setelah musrembang kecamatan dan Desa, Konsultasi Publik dan Forum SKPD Rohul.

''Prioritas rencana pembangunan daerah telah di sinergikan dengan RKP Nasional. Musrenbang RKPD untuk menyempurnakan rancangan rencana kerja pembangunan daerah tahun 2019, dan menyepakati prioritas program dan kegiatan pembangunan daerah,'' sebutnya.

Didalam musrenbang ini dilakukan untuk penajaman penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD, sehingga menjadi rancangan akhir RKPD Rohul tahun 2019. (adv/hms/ds)


Berita Lainnya

Index
Galeri