Bupati Rohul Defenitif Kembali Lantik Eselon III dan IV

Selasa, 06 Maret 2018 | 17:26:42 WIB
Bupati Rohul Defenitif Kembali Lantik Eselon III dan IV
Ket Foto :

PASIRPANGARAIAN - Belum satu bulan dilantik sebagai Bupati Rokan Hulu (Rohul) sisa masa jabatan 2016-2021, H. Sukiman melakukan pergantian ratusan pejabat Administrator Eselon III, pejabat Pengawas Eselon IV, termasuk Kepala Sekolah dan Kepala UPTD Puskesmas di lingkungan Pemkab Rohul.

Pelantikan ratusan pejabat di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian‎, Senin sore (5/3/2018), dipimpin Bupati Rohul Sukiman diwakili Sekretaris Daerah Setdakab Rohul Ir. Damri Harun, didampingi Asisten II Muhammad Ruslan, Asisten III Helfiskar, serta Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Rohul Muhammad Zaki.

‎Data dirangkum,‎ pada pelantikan ratusan pejabat yang diwarnai dua kali listrik pada ini, sebanyak 285 pejabat Eselon III dan Eselon IV Pemkab Rohul dilantik oleh Sekda Rohul Damri Harun. Sedangkan sekira 61 pejabat dilantik tanpa jabatan atau non eselon.

Berdasarkan data BKPP Rohul, Pejabat Administator Eselon III dilantik 57 orang, Pejabat Administrator Eselon III Camat dilantik 8 orang, Pejabat Pengawas‎ Eselon IV dilantik 144 orang, penugasan guru sebagai Kepala Sekolah 57 orang, penugasan ASN atau PNS yang memangku jabatan Fungsional Kesehatan ke dalam jabatan Kepala UPTD Puskesmas Dinas Kesehatan 19 orang.

Dari jumlah itu, ada 8 jabatan Administrator Eselon III setingkat Camat yang dilantik, yakni Drs. Mohammad Abrar dilantik sebagai Camat Rokan IV Koto, H. Sarkoni S.Sos sebagai Camat Kepenuhan, Mastur S.Sos, M.Si sebagai Camat Tambusai Utara, Adi Irawan S.STP sebagai Camat Rambah Samo.

Selanjutnya, Almis SE sebagai Camat Pendalian IV Koto, ‎Zunizar S.Sos sebagai Camat Kepenuhan Hulu, H. Zahrial Lutfi S.Sos, M.Si sebagai Camat Tambusai, dan Muhammad Rodi S.Sos sebagai Camat Tandun.

Wajah lama juga masih mendominasi untuk jabatan Eselon III di kantor Organisasi Perangkat Daerah atau OPD, seperti Suharman yang pernah menjabat Camat Bangun Purba‎ dan Kabag Humas Setdakab Rohul dilantik sebagai Sekretaris BPKA Rohul.

Selanjutnya, Bisman yang pernah menjabat Kepala Dinas TRCK Rohul kini menjabat Sekretaris Bapenda Rohul, sedangkan Kepala Bapenda Rohul Jonni Muktar kini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Rohul.

Usai melantik dan mengambil sumpah, Sekda Rohul Damri Harun mengungkapkan pada pelantikan kali ini, sebanyak 285 pejabat Eselon III dan Eselon IV yang dilantik, sedangkan 61 pejabat non aktif atau non eselon.

Damri mengaku‎ terakhir pada Oktober 2017 silam, masih di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, dirinya juga melantik ratusan pejabat Eselon II, Eselon III dan Eselon IV‎.

‎Sekda Rohul mengatakan jabatan merupakan amanah dari pimpinan, sehingga jabatan harus dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang berlaku. Menurutnya, seorang pejabat yang sukses setidaknya harus punya tiga kompetensi, sehingga selalu dipercaya oleh pimpinan karena dinilai berkompetensi.

Tiga kompetensi yang harus dimiliki pejabat, ungkap Damri, pertam‎a harus mempunyai kemampuan teknis, yakni kemampuan seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN dalam mengelola dan menguasai Tupoksi sesuai amanah pimpinan.

"Bila kita bisa mengelola dengan baik tugas pokok dan fungsi yang diberikan pimpinan, itu akan menjadi satu poin bagi kita. Kalau mau jadi pemimpin, kuasailah Tupoksi pejabat," papar Damri dalam sambutannya.

Kedua, sambung Damri, pimpinan juga harus punya kompetensi dalam memanage manejerial satuan kerjanya, sehingga dinilai berhasil dalam mengelola organisasi oleh pimpinan.

Ketiga, pejabat juga harus mempunyai kemampuan dalam sosial secara kultural. Pandai bekerjasama dengan bawahan, sekalipun itu dengan petugas kebersihan di kantor organisasi yang dipimpinnya.

"Tiga kunci ini kalau kita miliki, jabatan yang kita emban, mudah-mudahan tidak ada timbul tenggelamnya," kata Damri.

Sekda Rohul mengaku pelantikan kali ini mungkin akan menjadi pelantikan terakhir bagi dirinya, sebab pada 1 Mei 2018, dirinya akan memasuki masa pensiun sebagai ASN. Dari itu, Damri sangat mengharapkan, pejabat yang baru dilantik melaksanakan tugas yang diberikan pimpinan sesuai Tupoksi.

"Bekerjalah secara jujur dan ikhlas. Mari kita bangun Rokan Hulu ini lebih baik lagi ke depannya," imbau Sekda Rohul Damri Harun. 

‎Kepala BKPP Rohul Muhammad Zaki mengatakan seharusnya pelantikan pejabat Eselon III dan pejabat Eselon IV sudah dilakukan akhir Januari 2018 lalu, namun saat itu ada pembaruan rekomendasi dari Gubernur Riau tentang UPTD, sehingga pelantikan baru bisa dilakukan di awal Maret 2018.

Zaki mengatakan pada pelantikan kali ini sebanyak 285 pejabat Eselon III dan Eselon IV yang dilantik oleh Sekda Rohul, dan sebagian besar merupakan Kepala UPTD, Kepala Puskesmas‎ dan Kepala Sekolah.

‎Ditanya apakah ada pelantikan susulan, Zaki mengaku dilakukan sesuai kebutuhan. BKPP Rohul akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja pegawai, apalagi Bupati Rohul Sukiman memberikan waktu 100 hari kerja bagi pejabat yang baru dilantik. "Suatu saat kita bisa evaluasi kinerja mereka," ujar Zaki.

Terkait peningkatan kompetensi, Zaki juga mengakui Pemkab Rohul sudah sediakan untuk anggaran Uji Kompetensi bagi para pejabat Eselon III di lingkungan Pemkab Rohul. ‎Zaki mengaku lagi bahwa pejabat dilantik sudah sesuai penilaian yang dilakukan tim kinerja diketuai oleh Sekda Rohul Damri Harun.

Ditanya lagi apakah akan ada pelantikan pejabat Eselon III, Zaki mengatakan rencana itu belum ada. BKPP Rohul diakuinya Assesment juga belum dijadwalkan, dan mereka tengah mendata seluruh pejabat yang akan dan sudah memasuki pensiun, termasuk ada pejabat yang meninggal dunia.

Sedangkan untuk jabatan yang masih kosong dan belum dijabat pejabat defenitif, seperti ‎Direktur RSUD Rohul, Kepala Bapenda Rohul, dan Kepala Dinas PMPD Rohul, Zaki mengaku pihaknya menunggu intruksi pimpinan, karena jabatan ini perlu dilakukan Assesment. (adv/hum/ds)