Jadi Rujukan, DPM-PTSP Pekanbaru Termasuk yang Paling Prima di Indonesia

Rabu, 21 Februari 2018 | 22:17:40 WIB
Jadi Rujukan, DPM-PTSP Pekanbaru Termasuk yang Paling Prima di Indonesia
Ket Foto :

PEKANBARU - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Pekanbaru mendapat pujian Dirjen Bina Administrasi Kewilayaan, Kemendagri RI, Eko Subowo. Pelayanan dan ketersediaan sarana penunjang di instansi itu menjadi rujukan. 

"DPM-PTSP yang ada di Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru, termasuk yang paling prima di Indonesia dari sekian banyak DPM-PTSP yang ada," kata Eko di Pekanbaru, Rabu (21/2/2018). 

Ia berharap, DPM-PTSP agar memperbanyak unit perwakilan OPD lain, agar masyarakat benar-benar dilayani satu pintu. Jadi, untuk pengurusan berbagai rekomendasi perizinan dari OPD lain, cukup di kantor DPM-PTSP tanpa harus mendatangi kantor OPD yang rekomendasinya dibutuhkan.

"Jadi masyarakat yang mengurus  izin cukup melalui satu pintu saja, menyerahkan disini menerima juga disini," kata Eko.

Rombongan peserta Rakornas DPM-PTSP juga berkesempatan berkunjung yang didampingi Kasubid Bina Administrasi Kewilayaan, Kemendagri RI, Yudia Ramli. Rombongan berkeliling melihat sarana pelayanan serta mempelajari proses administrasi yang dijalankan di DPM-PTSP Kota Pekanbaru.

Yudia menyebut, Rakornas yang diadakan di Riau ini dalam rangka sosialisasi peraturan baru yang diterbitkan terkait DPM-PTSP yaitu Permendagri no 138 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan PTSP Daerah. 

"Dalam Rakor ini kita pertemukan antara pemerintah daerah sebanyak 548 seluruh provinsi dan kabupaten kota, tetapi yang sudah terbentuk 544 DMP-PSTP. Pekanbaru satu dinas yang sudah sesuai denga PP no 18 Tahun 2016, serta Permendagri 138 Tahun 2017 tadi," jelasnya. 
 
Yudia menyebut, saat ini Kemendagri juga membuat klaster denga DPM-PTSP. Klaster terendah Pratama, Madya serta Prima. Yudia menyebut Pekanbaru sudah dalam klaster Prima dan sudah banyak menerima penghargaan.

"Ini adalah kelajutan dari Rakornas kemarin, kita melakukan kunjunga pada kedua PTSP yang prima yakni Provinsi dan Pekanbaru. Dan teman- teman yang datang dari seluruh Indonesia ini betul- betul dapat banyak pelajaran," paparnya.

Meski sudah mencapai klaster prima dan mendapat banyak penghargaan, Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengaku belum puas.

"Kita belum merasa puas dengan apa yang sudah kita capai. Yang pasti, kedepannya kita akan lebih meningkatkan pelayanan. Pasalnya, masyarakat ataupun dunia usaha, berhak mendapatkan pelayanan yang baik," ujar Jamil singkat. (ADV/DPM-PTSP)