Muskomwil I Apeksi di Kota Pekanbaru

Program Pemko Pekanbaru Mendapat Apresiasi Kepala Daerah Peserta Apeksi

Selasa, 06 Februari 2018 | 13:09:43 WIB
Program Pemko Pekanbaru Mendapat Apresiasi Kepala Daerah Peserta Apeksi
Ket Foto : Walikota Pekanbaru Dr Firdaus memberikan cenderamata kepada Ketua Apeksi Pusat Airin Rachmi Diany usai pemilihan Ketua Komwil I Apeksi di Pekanbaru.

PEKANBARU - Perkembangan Kota Pekanbaru saat ini cukup pesat. Berbagai program pembangunan mendapat apresiasi kepala daerah peserta Musyawarah Komisariat Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Muskomwil I Apeksi) yang digelar 1 Februari hingga 3 Februari lalu di Kota Pekanbaru.

Program yang terangkum dalam smart city ini mendapat apresiasi dari Ketua Apeksi Pusat Airin Rachmi Diany. Ia mengaku tertarik dengan berbagai program yang ada. Menurutnya, wajar saja Kota pekanbaru jika menjadi acuan pembangunan kota untuk wilayah sumatera khususnya.

"Ini harus menjadi contoh dan bisa ditiru. Sudah dua kali saya ke Pekanbaru dan sekarang jauh lebih baik," ujarnya.

Selain itu, Walikota Tangerang Selatan ini juga mengaku akan mengadopsi penggunaan smart card yang  kini sudah dimulai di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Pekanbaru. Menurutnya, penggunaan smart card di tata pemerintahan sangat bermanfaat.

Ketua Apeksi Pusat Airin Rachmi Diany memberikan bendera estafet kepada Ketua Komwil I Apeksi Dr Firdaus usai terpilih secara aklamasi.

"Satu kartu yang kaya fungsi tentunya sangat membantu, karena tidak hanya untuk tabungan. Tapi juga bisa digunakan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan lain bahkan untuk pembayaran masuk jalan tol sekalian," kata Airin.

Smart card yang kini digalakkan Pemko Pekanbaru ini menurutnya bisa disebut sebagai salah satu terobosan baru bagi kota yang masuk anggota Apeksi. "Perkembangan Kota Pekanbaru sebagai salah satu kota besar cukup mengagumkan termasuk dengan pembangunan fisik kota dan kebersihan lingkungan," sebutnya.

Selain Airin, apresiasi pesatnya perkembangan Kota Pekanbaru juga datang dari Walikota Padang yang juga Ketua Komwil I Apeksi periode 2015-2018 H Mahyeldi Ansharulla SP. Menurutnya, pembangunan Kota Pekanbaru saat ini sangat pesat. 

"Saya kagum melihat Kota Pekanbaru saat ini. Tatanan Kota Pekanbaru yang bersih, rapi dan pembangunan yang pesat," kata Mahyeldi di hadapan 24 Walikota dan tamu yang hadir.

Ia juga mengagumi master pland dan rencana kerja Pemko Pekanbaru. Menurutnya, program Pemko Pekanbaru saat ini sudah terkoneksi dengan baik dalam program smart city. Program-program yang ada di Kota Pekanbaru ini bisa menjadi rujukan dan diadopsi oleh kota besar lainnya di Sumatera. 

Ketua Apeksi Pusat Airin Rachmi Diany mengukuhkan pengurus Komwil I Apeksi usai Walikota Pekanbaru Dr Firdaus terpilih menjadi Ketua Komwil I Apeksi periode 2018-2021.

"Seperti kita lihat di pusat Perkantoran Tenayan Raya. Kemudian Pekanbaru Command Center juga menjadi inspirasi bagi kami yang hadir untuk mendatangkan ide cemerlang lainnya untuk membangun wilayah kerja kami masing-masing nantinya," paparnya.

Lanjutnya, banyak lagi yang bisa dicontoh dari Kota Pekanbaru. Seperti program yang cukup religius, menjadikan Pekanbaru Kota Metropolitan yang Madani di tengah penduduknya yang heterogen.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus saat dikonfirmasi soal ketertarikan para kepala daerah dengan program yang ada, menyebut kemajuan ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kota Pekanbaru.

Kata dia, program yang ada  yakni Smart City dirasa penting seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang ini. Memang inilah yang terus digaungkan Pemko Pekanbaru, dengan enam pilar di dalam progam Smart City-nya, diantaranya masyarakat, perekonomian, pemerintahan, lingkungan dan kehidupan yang pintar (Smart).

"Pilar ini yang menjadi komponen yang selaras untuk mendongkrak Kota Pekanbaru semakin maju dalam berbagai aspek, termasuk diantaranya pembangunan," tutupnya. (advertorial)