Rancang Pembangunan, Diskominfo Susun Data Statistik

Senin, 04 Desember 2017 | 19:45:54 WIB
Rancang Pembangunan, Diskominfo Susun Data Statistik
Ket Foto : Plt Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra.

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Diskominfo saat ini sedang fokus menyusun data statistik penduduk Pekanbaru. Diskominfo menghimpun seluruh data statistik untuk menunjang kegiatan PMB RW terutama data penduduk dan data non penduduk. 

Plt Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra mengatakan pihaknya sudah memulai menghimpun data dari seluruh lurah dan camat. Asistensi di kominfo sudah mulai dua minggu.

Jadi, setiap lurah dan camat didampingi RT dan RW untuk menghimpun data terutama data administrasi. Kemudian Diskominfo Pekanbaru membuat peta. Direncanakan, di dalam peta itu ada CIS.

"Jadi kalau diklik itu nanti peta mengeluarkan informasi dan data. Di dalam itu nanti akan ada data infrastruktur data lingkungan serta seluruh data apa saja ada," kata Eka di Pekanbaru, Senin (4/12/2017). 

Data itu gunanya nanti untuk pembangunan ke depan. Jadi pemko untuk membangun, tidak bisa memutuskan langsung, tapi akan melihat dulu data. Sampai hari ini, sudah 49 kelurahan yang sudah meregisterkan data. 

"Register data ini secara bertahap, pertama data administrasi dulu, kemudian data infrastruktur dan sarana prasarana, mungkin ini butuh waktu 6 bulan ke depan," jelasnya. 

Bahkan, ke depan juga Diskominfo akan buat data by name by adress. Jadi ketika diklik atap rumah di peta akan muncul siapa yang tinggal di rumah itu. Nah sistim informasi itu juga yang sedang dibangun. 

"Kita berharap (cepat). Karena ini butuh waktu lama dan pak wali sudah mengeluarkan instruksi, pak wali akan memberikan sanksi jika pejabat lurah atau camat tidak menyerahkan data," imbuhnya. (Adv-Diskominfo)