Memasuki Musim Penghujan, Dinas Kesehatan Inhil Ajak Berantas Sarang Nyamuk

Memasuki Musim Penghujan, Dinas Kesehatan Inhil Ajak Berantas Sarang Nyamuk
dr Saut Pakpahan.

TEMBILAHAN - Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau mengajak masyarakat untuk melakukan program Pemberantasan Sarang Nyamuk. 

"Saat ini kita memasuki musim penghujan. Jika sudah musim penghujan maka nyamuk akan lebih mudah untuk berkembang biak. Jadi kami mengajak masyarakat untuk membasmi sarang-sarang nyamuk," kata Kepala Bidang Penangulangan Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan, dr Saut Pakpahan keawak media saat dijumpai di ruang kerjanya.

Ia menekankan, masyarakat untuk melakukan 3M plus (Membuka, Menguras dan Menutup) dan gunakan kelambu. Yang dimaksud dengan 3M Plus ialah segala bentuk aktifiras pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.

Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk. Menggunakan kelambu saat tidur. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk. Menanam tanaman pengusir nyamuk. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Selain itu, Saut menuturkan bahwa 3M Plus ini lebih baik daripada foging. "Foging itu bukan jalan keluar. Lakukanlah 3 M plus," katanya.

Sambungnya lagi, beda halnya jika di lokasi tersebut terdapat beberapa pasien DBD, maka barulah bisa dilakukan foging. "Tidak mungkin kita lakukan foging tanpa prosesur," jelasnya.

Ragil Hadiwibowo


Berita Lainnya

Index
Galeri