Warga Miskin di Siak Terima Bantuan 140 Jamban Sehat dari Baznas

Warga Miskin di Siak Terima Bantuan 140 Jamban Sehat dari Baznas
Ilustrasi.

SIAK - Badan Amil Zakat Kabupaten Siak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat bakal membangun jamban sehat untuk masyarakat miskin atau masyarakat yang kurang mampu di wilayah setempat.

"Pembangunan jamban sehat tersebut dalam rangka memaksiamal program Siak Sehat, sekaligus mendukung program sanitasi,"  kata ketua Baznas Siak Muhammad Rasyid Suharto Pua Upa di Siak, Senin (13/11/2017).

Pembangunan jamban ini akan disebar di beberapa kecamatan, terlebih dahulu dengan mendata masyarakat yang tidak memiliki sanitasi memadai. Guna mewujudkan Siak sebagai kabupaten yang sehat dan bersih  atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

"Program senitasi pembuatan jamban untuk masyarakat miskin ini juga programnya dinas kesehatan itu sendiri, maka akan lebih baik lagi dilaksanakan secara 'sharing' dengan pihak Dinkes," kata dia lagi.

Dia mengatakan, Baznas kabupaten Siak telah melakukan beberapa macam program diantaranya Program Baznas cerdas, Baznas Sehat, Peduli, Bersinar dan Tanggap Bencana.

"Kami berharap dengan bantuan pembuatan 140 unit  jamban kepada masyarakat miskin ini dapat meringankan beban masyarakat sekaligus bisa membiasakan hidup dengan pola yang sehat," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Siak, Tony Chandra juga menyebutkan jamban sehat yang bakal dibangun ada sebanyak 140 buah, tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

"Untuk pelaksanaannya kita tunggu koordinasi dari Baznas, kalau kata mereka mulai langsung dilaksanakan," kata Toni.

Sumber: Antarariau.com


Berita Lainnya

Index
Galeri