Plt. Sekda Bengkalis Selaku Inspektur Upacara HKN Ke-53

Plt. Sekda Bengkalis Selaku Inspektur Upacara HKN Ke-53

BENGKALIS - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Arianto bertindak selaku inspektur upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017, Senin 13 November 2017, di halaman Kantor Bupati Bengkalis.

 

Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang dilaksanakan hari ini, mengangkat tema “sehat keluargaku sehat Indonesiaku”.

 

Dalam sambutan tertulis Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. Dr. Nila Djuwita F. Moeloek SPM (K) yang dibaca lansungPelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Arianto mengatakan, keluarga  merupakan  unit  terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan  kesehatan  sesuai  undang-undang nomor 36 tahun 2009.  Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, menekankan padapentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan   keluarga   memberikan dasar bagi  seseorang untuk  memiliki  kebiasaan, perilaku dan gaya  hidup  yang  sehat.  

 

“Kita perlu terus berupaya untuk membudayakanperilaku hidup    bersih   dan   sehat   pada   masyarakat mulai dari  lingkungan keluarga,” ujar Menteri Kesehatan.

 

Sambung Djuwita, Kementerian kesehatantelah mengeluarkan peraturan MenteriKesehatan  nomor  39 tahun 2016 tentang pedoman penyelenggaraan programIndonesia  Sehat  dengan  pendekatan keluarga untuk meningkatkan  derajatkesehatan  masyarakat. Program IndonesiaSehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan  program-program kesehatan baik upayakesehatan perorangan maupun upayakesehatan masyarakat  secaraberkesinambungan, dengan target/fokus kepada keluarga berdasarkan data daninformasi dari profil kesehatan keluarga.   

 

“Dengan mendorong program indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan germas kita berupaya kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagaiupaya  promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat  meningkatkan derajat kesehatan  masyarakat yang setinggi-tinginya  sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional,” ujar Djuwita.

 

Ditambah Djuwita lebih lanjut, permasalahankesehatan yang masih  terjadi di Indonesiadiantaranya masih tingginya angka  kematian ibu,tingginya angka kuranggizi, penyakit menular dan tidak menular.Untuk itu harus segera diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang.

 

Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional tersebut, diikuti sejumlah Kepala SOPD dan seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK


Berita Lainnya

Index
Galeri