Seorang Lagi Jamaah Haji Riau Meninggal di Mekah, Total 18 Orang

Seorang Lagi Jamaah Haji Riau Meninggal di Mekah, Total 18 Orang
Ilustrasi.

PEKANBARU - Jumlah jamaah haji asal Riau yang meninggal dunia bertambah menjadi 18 orang dengan wafatnya Sukinem Abdul Trontiko Abdul asal Kabupaten Rokan Hilir akibat serangan penyakit jantung.

"Sukinem Abdul Trontiko Abdul telah dimakamkan di Sharayya Mekkah," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Riau H Erizon Efendi di Pekanbaru, Jumat (6/10/2017).

Sukinem Abdul Trontiko Abdul warga Kampung Salak Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Jamaah yang tergabung dalam Kloter 10 Batam itu ditunda kepulangannya karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

"Ny Sukinem Abdul Trontiko Abdul merupakan bagian dari empat jamaah yang dirawat di Arab Saudi karena sakit hingga tertunda kepulangannya, dan kini tinggal tiga jamaah Riau yang masih dirawat," kata Erizon.

Tiga jamaah yang masih dirawat adalah Ahmad Muhammad Saleh, Rusli Abdullah Ibrahim, dan Habibah binti Budang. Ketiganya berasal dari Kabupaten Bengkalis.

"Mereka akan dipulangkan melalui debarkasi lain yang masih melayani pemulangan jamah haji," kata Erizon.

Erizon menjelaskan secara keseluruhan jamaah asal Riau dipulangkan sebanyak 5.023 orang dalam 17 kloter, dengan rincian sembilan kloter penuh, dan sisanya kloter gabungan.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Riau, jamaah Riau yang wafat di Arab Saudi adalah:

1. Samidi Citro Sentono (69), jamaah kloter 6 Batam, wafat di KKHI Madinah, Senin (7/8) asal Kabupaten Siak karena Cardiovascular Disease.
2. Risda Yarni Binti Muhammad Rasyid (48), jamaah Kloter 6 Batam asal Siak wafat di kamar hotel Mercure Madinah, Jumat (11/8) karena gagal jantung dan sindroma nefrotik.
3. Ilyas bin Muhammad Jasa (64), jamaah Kloter 8 Batam wafat di RS King Fahd Madinah, Sabtu (12/8)karena odem paru/sesak napas.
4. Syafridin bin Syahbudin (65), jamaah Kloter 4 Batam, wafat di Klinik Kesehatan Maktab Misfalah, Mekkah, Jumat (18/8), karena PPOK/ Paru Kronis.
5. Liana Samin Murkidulhadi binti Mukti Dulhadi (67), jamaah Kloter 18 Batam  wafat di RSAS Mekkah, Selasa (22/8) karena cardiovascular disease.

6. Hasan Basri Zakaria (69h), jamaah Kloter 6 Batam, asal Kabupaten Siak, wafat RS King Faisal Mekkah, Jumat (25/8) radang selaput otak.
7. Arsyad Mastur Abdullah (58), jamaah Kloter 4 BTH asal Inhu, wafat di RSAS/ KKHI Mekkah, Kamis (31/8) karena respiratori disease.
8. Usman Daud, Kloter 10 Batam asal Rohil wafat di Muzdalifah, Jumat (1/9) karena sesak nafas.
9. Taufik Kahar Thaibm (60) Kloter 3 Batam asal Kota Pekanbaru, wafat di Mina, Jumat (1/9) di RS Mina.
10. Adnan Hamid Cuan (60), Kloter 8 Batam asal Kabupaten Bengkalis wafat di RS Arafah, Jumat (1/9) karena gangguan pernapasan.

11. Rostina Ali Unus (59), Kloter 9 Batam asal Rohul,  wafat di RSAS Mena Al Wadee Hospital, Sabtu (2/9).
12. Patawari Kandak Lintak (52), asal Inhil jamaah kloter 8 BTH, wafat di BPHI/KKHI Mina, Sabtu (2/9) karena cardiovasculer disease.
13. Supangat Hasan Rifai bin Hasan Rifai (77), Kloter 2 Batam, asal Pekanbaru, wafat di King Faisal Hospital, Senin (4/9) karena gangguan pernapasan.
14. Rusdi Maajar Ismail (49), Kloter 4 Batam asal Inhu, wafat di Pemondokan Misfalah, Senin (4/9) karena sesak napas.
15. Sarinah Budang Antau (64), Kloter 7 Batam asal Dumai, wafat di Pemondokan Mekkah, Kamis (7/9).

16. Armein Syahran Nasution, Kloter 4 Batam, asal Inhil.
17. Habisbah binti Ibrahim Jamaluddin (78), Kloter 5 Batam asal Bengkalis wafat di RS Madinah, Rabu (4/10).
18. Sukinem Abdul Trontiko Abdullah asal Kabupaten Rohil, Wafat pada 4 Oktober 2017 di KKHI Mekkah. 

(max/antara)


Berita Lainnya

Index
Galeri