Warga Dua Desa di Rambah Bentrok, Bupati Rohul Ancam Ganti Dua Kades

Warga Dua Desa di Rambah Bentrok, Bupati Rohul Ancam Ganti Dua Kades
Polisi melakukan pengamanan di dua desa yang terlibat bentrok di Kecamatan Rambah, Rohul. (foto: ria

PASIRPANGARAIAN - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Suparman kesal mendengar pertikaian warga Pawan Desa Rambah Tengah Hulu‎ dengan warga Desa Menaming, Kecamatan Rambah. Dia mengancam akan mengganti Kepala Desa (Kades) Rambah Tengah Hulu dan Kades Menaming.

"Kalau memang hobinya masyarakat Pawan dan Menaming berkelahi, kita salurkan saja nanti," tegas Bupati Suparman, dikonfirmasi wartawan usai acara di Pasirpangaraian, Senin (4/9/2017).

"Kita buka ring tinju, kita jadikanlah atlet, mau atlet Pekan Olahraga Nasional atau atlet tinju dari dua desa ini," kesalnya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Riau ini menduga para tokoh dan masyarakat di dua desa seperti tidak berperan dalam membuat siatuasi pertikaian antara warga Desa Rambah Tengah Hulu dengan warga Desa Memaning mereda.

"Karena apa? Tokoh dan masyarakatnya tidak berperan di sana untuk mereda, maka saya akan ambil sikap. Jika tokoh dan pimpinan desa di sana masih memprovokasi masyarakatnya, kita ganti nanti Kepala Desanya," tegas Bupati Suparman.

Pertikaian antara warga Desa Rambah Tengah Hulu dengan warga Desa Memaning terulang kembali pada Kamis (31/8/2017) dini hari sekira pukul 02.10 WIB. 

Bentrokan menyebabkan sebuah rumah warga Desa Rambah Tengah Hulu dilempari batu hingga beberapa kaca jendela pecah. Sebuah bengkel juga dilaporkan dibakar oleh orang tidak dikenal.

Bentrokan dua kelompok warga terulang pada Jumat (1/9/2017) sore sekira pukul 18.30 WIB. Meski masih suasana Hari Raya Iduladha, kedua kelompok warga antar desa terlibat lempar-lemparan batu.

Pertikaian ratusan warga antar dua desa akhirnya bisa dilerai setelah‎ ratusan personel di jajaran Polres Rohul dipimpin Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto turun ke lokasi.

Dari catatan, pertikaian antara warga Desa Rambah Tengah Hulu dan Desa Menaming Kecamatan Rambah, Rohul, pernah terjadi pada Selasa (2/1/2010) tengah malam hingga Rabu (3/2/2010) silam.

Bentrokan yang diduga dipicu selisih paham antar pemuda di sebuah hiburan orgen tunggal menyebabkan warga dua desa tersebut terlibat bentrokan dan lemparan-lemparan batu.

Bentrokan tujuh tahun silam telah merusak sedikitnya 4 rumah warga, 3 sepeda motor dan 1 becak motor milik warga.

Pertikaian antar warga Desa Rambah Tengah Hulu dengan warga Desa Menaming selanjutnya didamaikan oleh Pemkab Rohul yang saat itu langsung dihadiri Bupati Rohul, Achmad, Senin (15/2/2010) silam.

Syukuran perdamaian dan makan bersama yang dilaksanakan di salah satu kebun kelapa sawit milik warga di perbatasan kedua desa dihadiri para Tokoh Adat kedua desa‎, Kapolres Rohul, unsur Forkompinda, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Rohul. (fery/riauterkini.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri