Beredar Isu Ada 'Main Mata' Isi Tiga Jabatan Pemprov Riau, Ini Kata Ikhwan Ridwan

Beredar Isu Ada 'Main Mata' Isi Tiga Jabatan Pemprov Riau, Ini Kata Ikhwan Ridwan
Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan.

PEKANBARU - Beredar isu di Pemprov Riau bahwa tiga jabatan yang saat ini di-assessment hanya sebagai syarat saja. Dianggap sudah ada pejabat yang akan menduduki jabatan tersebut.

Sebagaimana saat ini sedang berlangsung Seleksi untuk tiga jabatan yakni Kadis LHK, Kadis Perhubungan dan Kadis ESDM. Saat ini, ketiga posisi tersebut masih dipimpin Plt yang ditunjuk Gubernur.

"Pejabatnya sudah ada itu. Assessment cuma syarat saja dan sebagai laporan ke Komite Aparatur Sipil Negara," ujar Pejabat Pemprov yang sebelumnya sempat ikut Assessment namun tak lulus.

Menurutnya, siapapun yang akan duduk merupakan orang yang dinilai pimpinan untuk bisa menjabat dan sudah mendapat arahan, ada 'main mata' sebelum mendaftar. Sehingga orang-orang tersebut yang memiliki peluang besar untuk duduk.

"Sebelumnya sudah kelihatan yang duduk itu merupakan orang yang diajak untuk ikut mendaftar. Bisa saja dari Kabupaten Kota dan Provinsi," ujarnya.

Namun dengan kondisi sekarang ini, pejabat tersebut tidak menyalahkan pimpinan. Karena bagaimanapun, pimpinan ingin pejabat yang bisa menjalankan tugas membantunya menjalankan visi dan misi.

"Saya lihat pimpinan saat ini juga cukup tegas, bagi yang tidak bisa bekerja langsung dipanggil dan diingatkan. Bahkan ada yang sudah diganti," ujarnya.

Menanggapi isu tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan menegaskan semuanya harus melalui prosedur dan aturan. Sehingga tidak ada istilah dititipkan dan lainnya.

"Kita punya Pansel yang tahu standar kemampuan dan yang diinginkan pimpinan. Jadi saya rasa semuanya dilakukan terbuka," ujar Ikhwan.

Bahkan tujuan Assessment sendiri bagaimana agar mendapatkan pejabat yang berkompeten sesuai dengan jabatan yang dituju. Artinya bukan sembarang isi jabatan.

"Dan semuanya harus dilaporkan ke KASN. Jadi tidak ada yang bisa dimainkan," ujar Ikhwan.

Ikhwan Ridwan menjelaskan tes kompetensi manajerial bagi 31 Peserta Assessment Pemprov Riau sudah berakhir dan akan diumumkan yang lulus pada Selasa (5/9/2017) mendatang.

"Uji Manajerial sudah selesai. Digelar selama lima hari dan berjalan dengan lancar. Sekarang sedang dikaji tim Assessment selanjutnya diserahkan ke Pansel," ujar Ikhwan Ridwan, Rabu (30/8) lalu.

Menurut Ikhwan setelah diumumkan hasil yang lulus untuk uji manajerial maka selanjutnya pada 6 hingga 7 September akan digelar tes kompetensi bidang bagi yang lulus.

"Di sana akan ada juga pembuatan makalah sesuai bidang masing-masing yang akan dijelaskan dihadapan Pansel. Untuk jumlah yang lulus untuk tahapan selanjutnya tidak ada ketetapan tergantung hasilnya," ujar Ikhwan.

Ikhwan menegaskan target Assessment ini sendiri tuntas dan diserahkan tiga nama dalam satu jabatan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian pada 8 september mendatang. (max/tribunpekanbaru.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri