Duh! Jamaah Puluhan Ribu, Masjid Agung An-Nur Cuma Sembelih 2 Sapi dan 2 Kambing

Duh! Jamaah Puluhan Ribu, Masjid Agung An-Nur Cuma Sembelih 2 Sapi dan 2 Kambing
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyerahkan sapi kurban bantuan Presiden RI Joko Widodo kepada

PEKANBARU - Panitia kurban Masjid Agung An-Nur kebingungan membagikan kupon daging kurban. Pasalnya sampai saat ini, panitia baru menerima sumbangan hewan kurban sebanyak dua ekor sapi dan dua ekor kambing.

Jumlah ini terbilang sedikit dibanding tahun lalu yang sumbangan hewan kurbannya mencapai enam ekor sapi dan 72 ekor kambing. Karena itu, dari seribu kupon yang sudah disiapkan panitia bisa saja dikurangi, jika memang jumlahnya kurang dari yang diharapkan.

"Kami pun jadi ragu mau membagi-bagikan kupon. Nanti kita bagi, hewan kurbannya kurang bagaimana membaginya," kata Sekretaris Panitia Iduladha dan Kurban Masjid Raya An-Nur Pekanbaru, Sukmadi, Kamis (31/8/2017).

Adapun dua ekor sapi yang sudah dipastikan disumbangkan sebagai hewan kurban tersebut dari Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjend Pol Zulkarnain Adinegara. Sementara sumbangan hewan kurban dari Presiden Joko Widodo, Sukmadi mengaku belum ada kepastian meski sudah mendengar sebelumnya.

"Itu persoalannya, biasanya kan dua atau tiga hari jelang Iduladha sudah jelas sumbangannya apa, siapa penyumbangnya. Kita administrasinya sudah dapat. Ini saja sumbangan dua ekor kita baru menerima lisan, tapi memang ini insyaallah sudah pastikan," ungkap Sukmadi.

Selain itu, Sukmadi mengaku mencoba 'jemput bola' dengan menelpon kepada sejumlah pejabat dan jamaah. Di antaranya Ketua DPRD Riau melalui sekretariat, tapi belum ada kepastian.

Begitu juga sejumlah jamaah yang biasa menyumbangkan hewan kurbannya. Rupanya panitia mendapatkan jawaban yang sama belum ada kepastian, ada pula yang telah menyumbangkan hewan kurban ke tempat lain.

"Mungkin saja sumbangan hewan kurban yang ada itu nanti bertambah. Karena jumlah ini kan baru yang diterima terkonfirmasi melalui panitia. Tapi mudah-mudahan kita harapkan bertambah lagi," ujar Sukmadi.

Sebagai perbandingan, tahun ini, pengurus Masjid Agung Nasional Islamic Center Pasirpangaraian akan melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 62 ekor berupa Kerbau, Sapi, dan Kambing dan pemotongan hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dari tahun lalu.

Ketua pengurus MANIC Rokan Hulu, Zulyadaini,  Jumat (24/8/2017) mengatakan di mana tahun ini sedikitnya ada 62 ekor hewan kurban yang akan dipotong, sedangkan tahun lalu hanya sebanyak 52 ekor sehingga tahun ini sedikit mengalami peningkatan. (max/riausky.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri