Inhil Target Dapatkan Penghargaan Layak Anak dari Presiden Tahun Depan

Inhil Target Dapatkan Penghargaan Layak Anak dari Presiden Tahun Depan
Rapat terbatas membahas perencanaan Inhil sebagai Kabupaten Layak Anak untuk tahun 2018 mendatang. (

TEMBILAHAN - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar rapat terbatas membahas perencanaan Inhil sebagai Kabupaten Layak Anak untuk tahun 2018 mendatang.

Rapat Koordinasi yang bertajuk Gugus Tugas Kita Layak Anak Tahun 2017 membangun komitmen bersama untuk mewujudkan Indragiri Hilir Kota Layak Anak. Dinas ini bekerja sama dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Inhil.

Bupati Inhil, HM. Wardan melalui Sekretaris Daerah, H. Said Syariffudin menargetkan Inhil dapat menjadi kabupaten atau kota layak anak nasional yang mendapat penghargaan khusus dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2018.

"Komitmen itu sebenarnya sudah ada sejak 2015 lalu kita buat. Harusnya tahun 2016 pelaksanaan sudah jalan karena sudah melalui penganggaran dan 2017 kita bisa menuai hasilnya dengan penghargaan dari Pak Presiden," kata Said, Rabu (23/8/2017) saat mengantar forum rakor.

Ia menyadari tahun 2016 lalu, pelaksanaan Inhil Layak Anak, tidak maksimal akibat banyak program prioritas yang harus dilaksanakan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Inhil yang sudah diprogram oleh Bupati Inhil HM Wardan.

Namun ia berkomitmen pada tahun 2018 mendatang, daerah yang akrab disapa sebagai Negeri Seribu Parit ini akan dapat menyabet penghargaan dari Jokowi.

"Penghargaan itu kan hanya bonus saja. Bagaimanapun masa depan anak kita merupakan prioritas kita sebagai pemerintah. Kita harus memastikan bahwa anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," jelasnya didampingi Kepala Bappeda Inhil Tengku Jauhari.

Pada tahun 2015 dan 2016 lalu, penghargaan kota dan kabupaten layak anak secara nasional diraih oleh Pekanbaru, Siak, Bengkalis dan Dumai sebagai perwakilan dari Provinsi Riau. Lalu beberapa waktu lalu pada 2017 ini, kabupaten Indragiri Hulu masuk merangsek masuk dalam daftar berikutnya.

Namun Inhil meski sejak 2015 lalu membangun komitmen, masih berupaya untuk mewujudkan kabupaten layak anak dengan program unggulan lainnya. (guntur)


Berita Lainnya

Index
Galeri