Tolak Kesempatan Kembali, Wayne Rooney Umumkan Pensiun dari Timnas Inggris

Tolak Kesempatan Kembali, Wayne Rooney Umumkan Pensiun dari Timnas Inggris
Wayne Rooney.

LONDON - Wayne Rooney menolak kesempatan untuk kembali ke Timnas Inggris dan menyatakan bahwa dirinya pensiun dari sepak bola international. Penyerang asal Everton itu merupakan pemegang rekor pencetak gol terbanyak bagi pasukan Tiga Singa. 

Rooney menolak tawaran Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate untuk bermain pada kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Malta dan Slovakia bulan depan. Dia menyatakan telah membicarakan hal itu dengan Southgate. 

"Setiap saat saya terpilih itu adalah sebuah kehormatan besar tetapi saya yakin ini saatnya saya untuk mundur," ujarnya seperti dilansir laman BBC. 

"Sangat menyenangkan Gareth Southgate menghubungi saya pekan ini dan mengatakan bahwa dia ingin saya kembali ke skuad Inggris untuk pertandingan yang akan datang. Saya menghargai itu."

"Namun, setelah berpikir keras dan panjang, saya mengatakan kepada Gareth bahwa saat ini saya memutuskan untuk mundur untuk selamanya dari sepak bola internasional," lanjutnya. 

Rooney mengatakan bahwa keputusan ini telah ia bicarakan dengan keluarga, Manajer Everton Ronald Koeman serta sejumlah sahabat karibnya. Dia menyatakan ingin berkonsentrasi penuh untuk membawa Everton meraih gelar juara. 

"Saya akan tetap menjadi suporter setia Inggris. Salah satu penyesalan saya adalah tak menjadi bagian dari sukses tim Inggris di berbagai turnamen. Semoga para pemain yang dibawa oleh Gareth bisa membawa gelar juara dan saya berharap semua orang akan mendukung timnya," ujarnya. 

"Suatu saat mimpi itu akan menjadi kenyataan dan saya sangat menantikan untuk berada di sana sebagai suporter atau pun menjadi bagian lainnya," lanjut pesepakbola berusia 32 tahun itu. 

Wayne Rooney memegang gelar sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Inggris dengan 53 gol dalam 119 laga. Posisinya di Timnas Inggris mulai tersingkir sejak musim lalu saat dirinya juga tak mampu lagi tampil produktif di klubnya saat itu, Manchester United. 

Musim ini Rooney memutuskan hijrah ke Everton dan di awal musim dia tampak kembali menemukan ketajamannya. Dia sudah mencetak 2 gol dalam 2 laga Liga Inggris. Hal itulah yang membuat Southgate ingin agar Wayne Rooney kembali ke Timnas Inggris. (max/bbc/tempo)


Berita Lainnya

Index
Galeri