Jelang Pelantikan, Kades Terpilih se-Kabupaten Bengkalis Diinapkan di Hotel

Jelang Pelantikan, Kades Terpilih se-Kabupaten Bengkalis Diinapkan di Hotel
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Wahyuddin (paling kiri) memberikan penjelasan pelantikan Kepala Desa

BENGKALIS - Secara bertahap, 92 orang Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades Serentak se-Kabupaten Bengkalis, Selasa (11/7/2017) lalu, akan diambil sumpah jabatan dan dilantik Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Pelantikan tersebut dilakukan secara bertahap di empat lokasi berbeda.

Pertama Senin (28/8/2017) di lapangan Tugu Bengkalis. Kades terpilih yang akan dilantik di tempat ini 39 orang. Yaitu, 20 orang dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan 19 orang.

Tahap kedua, Selasa (29/8/2017) di halaman kantor Camat Bukit Batu. Di tempat ini 21 orang Kades terpilih yang akan dilantik. Yaitu 12 orang dari Siak Kecil, 6 orang dari Bukit Batu dan 3 orang dari Bandar Laksamana.

Sementara tahap ketiga, yang dilantik 11 orang yang dipusatkan di halaman kantor Camat Rupat di Batu Panjang. Ke-11 Kades terpilih itu 8 orang dari Rupat dan 3 orang dari Rupat Utara.

“Pelaksanaan pelantikan untuk Rupat dan Rupat Utara ini Rabu (30/8/2017),” jelas Wahyuddin, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD) Kabupaten Bengkalis, Rabu (23/8/2017) di Bengkalis.

Sedangkan tahap keempat dipusatkan di halaman gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kecamatan Mandau, di jalan Hang Tuah, Kelurahan Batang Serosa, Duri (kawasan Pokok Jengkol).

Untuk tahap keempat ini ada 22 orang yang akan dilantik Bupati Bengkalis. Yaitu 1 orang dari Mandau, 5 orang dari Tualang Mandau, 6 orang dari Pinggir dan 10 orang dari Bathin Solapan.

Ditambahkan Wahyuddin, dari 92 orang yang akan dilantik itu, sebagian diantaranya bakal diinapkan (mendapat fasilitas akomodasi) di hotel/penginapan, sejak sehari sebelum pelantikan. Tujuannya, agar saat gladi bersih dan pelantikan, mereka dapat datang on time (tepat waktu).

Mereka yang mendapat fasilitas yang pembiayaan yang seluruhnya ditanggung DPMD itu adalah Kades terpilih yang desanya jauh dari lokasi pelantikan.

Untuk Bantan dan Bengkalis, mereka diinapkan di Pantai Marina Hotel. Dari Bengkalis yaitu dari Pematang Duku, Sekodi, Kelemantan, Palkun, Prapat Tunggal, Simpang Ayam, Kelemantan Barat, Pematang Duku Timur dan Meskom.

Sedangkan Bantan, yaitu Bantan Air, Teluk Pambang, Bantan Tengah, Resam Lapis, Ulu Pulau, Mentayan, Pambang Pesisir, Suka Maju, Pambang Baru, Pasiran, Muntai Barat, Bantan Sari, Bantan Timur, Teluk Papal, Berancah dan Deluk.

Selanjutnya, Tanjung Belit, Sumber Jaya, Tanjung Damai, Sungai Linau, Sadar Jaya, Muara Dua, Lubuk Garam, Tanjung Datuk, Liang Banir, Koto Raja dan Sungai Nibung (Siak Kecil), serta Parit I Api-Api, Api-Api dan Sepahat (Bandar Laksamana).

“Untuk Siak Kecil dan Bandar Laksamana ini di Wisma Selfia, Sungai Pakning (Bukit Batu). Sedangkan Rupat dan Rupat Utara, seluruh Kades terpilih mendapatkan fasilitas akomodasi di Wisma Mak Limah dan Wisma Mak Jaiz, Kelurahan Batu Panjang (Rupat),” papar Wahyuddin.

Untu mereka yang pelantikannya di depan gedung LAM Riau Kecamatan Mandau, yang mendapat fasilitas adalah dari Bathin Betuah (Mandau) serta Petani, Sebangar, Air Kulim, Buluh Manis, Boncah Mahang, Pamesi dan Bathin Sobanga (Bathin Solapan).

“Adapun untuk Pinggir dan Tuang Mandau, seluruhnya. Mereka yang mendapat fasilitas akomodasi dari 4 kecamatan ini, diinapkan di hotel Suzuka Duri,” imbuhnya.

Wahyudin menjelaskan, mereka yang mendapat fasilitas akomodasi, sudah harus check in (masuk penginapan/hotel) sehari sebelum pelantikan pada pukul 13.00 WIB. Dan check out usai pelantikan pada pukul 12.00 WIB.

“Yang ingin nambah silahkan, tapi biayanya ditanggung sendiri. DPMD tidak menanggungnya lagi,” katanya seraya menambahkan gladi bersih pelantikan dilaksanakan sehari sebelum pelantikan pada pukul 15.00 WIB dan hadir bersama istri ketika acara pelantikan. (fan/humas bengkalis)


Berita Lainnya

Index
Galeri