Awas! Ada Buaya Berkeliaran di Sungai Batang Lubuh Rohul

Awas! Ada Buaya Berkeliaran di Sungai Batang Lubuh Rohul
Spanduk peringatan untuk warga agar tak melakukan aktivitas di Sungai Batang Lubuh karena kemunculan

PASIRPANGARAIAN -‎ Dua pekan terakhir, warga Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dihebohkan kemunculan buaya di aliran Sungai Batang Lubuh.

Kabar kemunculan buaya di Sungai Batang Lubuh dibenarkan Kepala Desa Babussalam, Basron, Rabu (16/8/17). Diakuinya, sudah beberapa warga melihat sosok buaya di turap Taman Pancing Babussalam Dusun Sebaya tersebut.

Kemunculan buaya yang belum diketahui jenisnya ini, jelas Basron, setelah adanya larangan menembak ikan, menjala, dan menjaring ikan di Sungai Batang Lubuh. "Mungkin buaya ini muncul karena ikan banyak setelah adanya larangan menembak, menjala‎ dan menjaring ikan," ungkapnya.

Basron mengatakan kawasan turap‎ Taman Pancing Babussalam Dusun Sebaya memang tempat memancing ikan. Setiap harinya, ada 30 hingga 40 pemancing yang mencari ikan di lokasi tersebut. "Buaya tidak kita mengganggu warga dan kita upayakan‎ warga tidak beraktivitas di sungai (Batang Lubuh)," jelasnya.

Adanya penampakan buaya, Basron mengimbau warga tidak lagi beraktivitas mandi, cuci dan kakus (MCK) di aliran Sungai Batang Lubuh Dusun Sebaya, Desa Babussalam. Warga diminta membuat WC dan sumur di rumah sendiri, sehingga tidak lagi beraktivitas di aliran sungai.

Dari cerita warga, ungkap Basron, kepala buaya yang menampakan diri sebesar galon air. Namun warga belum mengetahui jenisnya. "Kalau orang tua bilang, ada tanda-tanda yang tidak beres di kampung. Mungkin saja kelakuan oknum masyarakat," kata Kades Babussalam.

Basron mengimbau warganya untuk berhati-hati saat beraktivitas di aliran sungai, termasuk mengawasi anak-anaknya dan melarang mandi di sungai. "Kita berharap warga tidak beraktivitas di sungai, terutama melakukan MCK, dan anak-anak jangan dibiarkan mandi di sungai," imbau Basron.

Selaku Kades Babussalam, Basron sudah mensosialisasikan imbauan tersebut melalui baleho yang dipasang di pinggiran aliran Sungai Batang Lubuh, termasuk di akun media sosial, Facebook milik‎nya.‎ (fery/riauterkini.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri