Ini 17 Fakta Tentang Kemerdekaan RI yang Harus Kamu Ketahui

Ini 17 Fakta Tentang Kemerdekaan RI yang Harus Kamu Ketahui
Foto: Wikipedia.org

Sejauh ini, kita semua tahu, 17 Agustus 1945 merupakan tanggal diproklamasikan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan, sudah selayaknya kita, kini, sebagai generasi penerus bangsa untuk memperingatinya sebagai upaya untuk tidak melupakan sejarah.

Sebenarnya, banyak fakta-fakta unik dan mengejutkan yang terjadi saat proklamasi kemerdekaan tersebut. Spesial di Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, berikut 17 fakta tentang kemerdekaan Indonesia yang wajib kamu ketahui.

1. Sukarno sedang tak enak badan saat memproklamirkan kemerdekaan RI

Soekarno begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Paginya, sebelum proklamasi, Bung Karno merasa tidak enak badan. Ternyata, penyakit malaria beliau kambuh. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat kemerdekaan.

“Pating greges (tidak enak badan, demam),” keluh Bung Karno pagi itu. Lalu dia tidur lagi. Pada pukul 09.00, Bung Karno terbangun. Berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta.

Tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah. “Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!” ujar Bung Karno di hadapan segelintir patriot-patriot sejati.

Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera pusaka Merah Putih. Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya. Masih meriang. Tapi sebuah revolusi telah dimulai…

BACA SELENGKAPNYA KLIK DI SINI


Berita Lainnya

Index
Galeri