Loading...
Demo di Kantor Bupati Rohul

Ribuan Warga Tiga Desa dan GPMTT Tuntut Tanah Ulayat dari Kebun PT Hutahaean

Ribuan masyarakat dari tiga desa di Kecamatan Tambusai bersama GPMTT demontrasi di Kantor Bupati Rohul, Kamis (10/8/2017). (foto: riauterkini.com)

PASIRPANGARAIAN - Ribuan masyarakat dari tiga desa di Kecamatan Tambusai bersama Gerakan Pemuda Mahasiswa Tambusai Timur (GPMTT) demontrasi di Kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Kamis (10/8/2017).

Pada aksi damainya di gerbang Kantor Bupati di Pasirpangaraian, dikawal ketat personel Polres Rohul dan? personel Satpol PP Rohul, massa menyampaikan empat tuntutan.

Pertama, meminta Polda Riau segera melakukan proses penahanan terhadap bos PT. Hutahaean, apalagi belum lama ini pihak Kepolisian sudah menetapkan tersangka pihak perkebunan kelapa sawit tersebut.

Loading...

Kedua, meminta PT. Hutahaean kebun Batang Kumu, Kecamatan Tambusai mengembalikan tanah ulayat seluas 835 hektar milik tiga desa di Kecamatan Tambusai yakni Desa Tambusai Timur, Desa Tingkok, dan Desa Lubuk Soting.

Ketiga, masyarakat tiga desa mendukung Pemkab Rohul mengusut pajak PT. Hutahaean. Dan ke empat, masyarakat meminta pemberhentian segala aktivitas di areal Afdeling VII perkebunan PT. Hutahaean kebun Batang Kumu.

Kedatangan ribuan masyarakat? dan GPMTT diterima oleh Asisten I Setdakab Rohul Juni Syafrin, dan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Rohul Ir. Sri Hardono.

Kepada masyarakat tiga desa, Kepala Disnakbun Rohul Sri Hardono mengakui memang sudah sejak 2012 silam masalah lahan di PT. Hutahaean belum terselesaikan.

Hardono mengatakan Disnakbun Rohul sudah mendapat sinyal dari Bupati Rohul H. Suparman S.Sos, M.Si untuk langkah penyelesaian, dan akan memanggil pihak PT. Hutahaean secepatnya.

Hal senada juga disampaikan Asisten I Setdakab Rohul Juni Syafrin. Ia mengatakan semua aspirasi masyarakat tiga desa akan disampaikan kepada Bupati Rohul, termasuk untuk pemanggilan pihak PT. Hutahaean.

Untuk membahas lebih jauh, Pemkab Rohul mengajak perwakilan masyarakat dari tiga desa untuk mediasi di Kantor Bupati Rohul. Sedangkan ribuan masyarakat dengan setia menunggu di teras? Kantor Bupati.

Rencananya, setelah menyampaikan aspirasi di Kantor Bupati Rohul, ribuan masyarakat tiga desa di Kecamatan Tambusai juga akan menggelar aksi damai serupa di Mapolres Rohul. (fery/riauterkini.com)



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Loading...

Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video