Kadisbud Riau: Benahi Situs Budaya Rumah Godang Kuansing

Kadisbud Riau: Benahi Situs Budaya Rumah Godang Kuansing
Situs Budaya Rumah Godang di Baserah, Kabupaten Kuantan Singingi.

PEKANBARU - Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Riau, Yoserizal Zein meminta semua stake holder terkait untuk lebih memperhatikan pembenahan Situs Budaya Rumah Godang (rumah adat) di Baserah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Bahkan kata Yose, pihaknya akan menurunkan tim untuk melakukan peninjauan dan pengecekan langsung ke situs tersebut. "Sudah seharusnya situs budaya ini dapat dijaga dan diberikan perhatian oleh semua pihak," tegasnya, Kamis (27/7) kemarin.

Perhatian pemerintah melalui Dinas Kebudayaan, baik itu Dinas Kebudayaan Provinsi Riau maupun Kabupaten Kuantan Singingi sangat diperlukan. Hal ini sesuai dengan visi misi pemerintah daerah menjadikan Kuansing ini sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan.

"Jadi tidak hanya harus Pacu Jalur dan Perahu Baganduang. Tetapi situs budaya yang lain seperti Rumah Godang ini juga bisa menjadi andalan destinasi wisata," papar Yose.

Disbud Riau sambungnya, akan memberikan perhatian terhadap situs-situs kebudayaan yang dimiliki daerah. Kemudian bagaimana menggali dan melestarikan kebudayaan di Riau. "Agar bisa menjadi suatu objek pariwisata yang mampu mendatangkan wisatawan ke daerah kita ini nantinya," sebutnya.

Menurutnya, kondisi Rumah Godang di Koto Rajo itu sudah banyak mengalami kerusakan, seperti jendela yang sudah terkulai dan bolong. Padahal di dalam Rumah ini tersimpan tiga meriam yang merupakan senjata perang untuk mempertahankan daerah dari penjajah di masa lalu.

"Ini harus kita jaga, jangan dibiarkan aset budaya tidak terurus seperti itu. Rumah Godang ini adalah rumah yang sakral, harus tetap dilestarikan," harap mantan Karo Humas tersebut. (max/nor/riauaktual.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri