Mau Liburan Hemat Tanpa Membuat Dompet Jebol? Ini Strateginya

Mau Liburan Hemat Tanpa Membuat Dompet Jebol? Ini Strateginya
Ilustrasi. (foto: mix.co.id)

Jalan-jalan hemat rasanya adalah impian semua orang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya terbesar yang dikeluarkan selama jalan-jalan adalah biaya tiket pesawat dan juga akomodasi atau biaya penginapan. Namun, jangan cemas. Saat ini sudah banyak promo tiket dan potongan harga sewa kamar hotel.

Selain rajin memantau promo tiket  dan akomodasi, Apa saja langkah yang perlu diambil demi mewujudkan jalan-jalan hemat? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Buat survei dan rencana detail

Langkah pertama yang sudah semestinya dilakukan adalah membuat sebuah survei, lalu kemudian diikuti dengan rencana sedetail mungkin. Hasil survei yang dilakukan akan membantu Anda untuk menentukan destinasi mana saja yang bisa dikunjungi tanpa harus menguras kantong terlalu dalam.

Dengan melakukan survei ini juga, Anda akan lebih mudah untuk membuat rencana destinasi dengan titik yang berdekatan satu sama lain. Jadi, akan lebih mudah untuk membuat itinerary perjalanan yang hemat. 

Selain itu, dengan survei dan rencana perjalanan yang detail, akan jadi lebih mudah bagi Anda untuk menghitung kisaran uang yang dibutuhkan. Mulai dari biaya akomodasi, biaya transportasi, dan bahkan biaya tak terduga lainnya.

2. Buat reservasi dari jauh hari

Demi menjaga dompet ketat selama jalan-jalan hemat, ada baiknya untuk melakukan reservasi sejak beberapa hari sebelum keberangkatan. Pemilihan waktu reservasi ini akan sangat memengaruhi pengeluaran Anda nantinya.  

Idealnya, untuk tiket pesawat usahakan untuk membelinya enam bulan sebelum keberangkatan. Di waktu tersebut tiket kelas ekonomi pasti masih banyak tersedia, begitu pun kamar hotel, bahkan hotel yang populer dan paling banyak dicari.

Melakukan reservasi dari jauh hari juga akan meminimalisir kemungkinan kehabisan tiket dan kamar hotel. Selain itu, akan ada banyak kesempatan mendapatkan potongan harga. 

Jika Anda perhatikan, sekarang sudah banyak sekali situs booking online yang terpercaya. Dari situ tidak hanya bisa dilihat perbandingan harga, tapi juga ada banyak promo yang ditawarkan.

3. Hindari musim liburan

Sudah bisa diprediksi apa yang akan terjadi ketika jalan-jalan di musim liburan. Antrian dengan panjang yang mengular serta berbagai harga makanan maupun minuman yang harganya selangit akan langsung muncul di dalam bayangan.

Memang, mayoritas tempat wisata akan mematok harga yang lebih mahal ketika musim liburan dibanding dengan hari-hari biasanya. Hal itu dilakukan oleh kebanyakan oknum penjual demi meraih keuntungan yang stabil di sepanjang tahun.

Untuk itu, jika Anda berniat untuk melakukan jalan-jalan hemat, coba jadwalkan perjalanan saat low season. Selain akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah, Anda akan lebih leluasa untuk mengeksplorasi kapan pun dan kemana pun karena tempat wisata tersebut biasanya lebih lengang.

4. Gunakan transportasi umum

Poin yang satu ini juga bisa menghemat pengeluaran selama liburan. Terlebih lagi, kebanyakan destinasi luar negeri sudah memiliki sistem transportasi yang terintegrasi dan tepat waktu.

Selain menghemat bujet yang dimiliki selama liburan, menggunakan transportasi umum juga bisa membuat kita lebih menikmati perjalanan. Menatap keluar jendela seiring kendaraan berjalan perlahan adalah ide yang cukup baik untuk membuat jalan-jalan lebih bermakna.

Di beberapa negara termasuk Indonesia, sudah diberlakukan sebuah kartu terusan atau kartu multitrip yang nantinya bisa digunakan untuk beberapa transportasi umum selama beberapa lama. Nah, kartu ini wajib Anda miliki jika lama waktu liburan Anda selama seminggu atau lebih.

Perbedaan tarif transportasi umum dengan menggunakan kartu terusan atau tidak terkadang di beberapa tempat cukup lumayan perbedaannya. Jadi, ini juga merupakan langkah untuk mewujudkan jalan-jalan hemat.

Itulah empat langkah untuk mewujudkan jalan-jalan hemat. Namun, bagaimana pun juga Anda perlu terus mengingat bahwa kendali keuangan selama liburan sepenuhnya ada di tangan Anda. Hal yang terpenting adalah untuk menikmati setiap langkah yang diambil selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk cermat mengecek dan membandingkan harga tiket serta biaya penginapan. (max/bisnis.com)


Berita Lainnya

Index
Galeri