Wisata Alam Ulu Kasok, Eksotisme Raja Ampat Ala Kampar

Wisata Alam Ulu Kasok, Eksotisme Raja Ampat Ala Kampar
Ulu Kasok, wisata alam nan menawan yang dianggap sebagai Raja Ampat-nya Kabupaten Kampar, Provinsi R

BANGKINANG - Anggapan bahwa Provinsi Riau 'sepi' objek wisata tampaknya perlahan-lahan terpatahkan. Sebab, akhir-akhir ini, foto-foto eksotis salah satu objek wisata 'pendatang baru' yang terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar banyak diunggah dan diperbincangkan di media sosial.

Ya! Ulu Kasok. Wisata alam yang disebut-sebut sebagai 'Raja Ampat'-nya Kampar ini telah banyak menyita perhatian warganet sejak beredar foto-fotonya di dunia maya. Wisatawan pun mulai ramai mengunjungi dan menikmati keindahan alam nan menawan itu.

Untuk menikmati eksotisme Ulu Kasok pun sangat mudah. Jika ditempuh dari Kota Pekanbaru, hanya sekitar 2,5 jam ke lokasi ini. Tidak jauh dari Jembatan Rantau Berangin. Masih seputaran Danau Buatan Koto Panjang. Letaknya di pinggir jalan lintas Riau-Sumbar.

Jadi, akses ke lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau. Lokasi ini jelas terlihat dari jalan lintas. Tempat ini sudah ramai dikunjungi. Ratusan kendaraan, baik mobil, maupun sepeda motor, ramai terparkir di lokasi ini.

Untuk memasuki lokasi wisata alam itu, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk karcis, cukup Rp5.000 per orang. Di pertengahan jalan menuju puncak, pengunjung juga harus membayar uang kebersihan Rp5.000 per orang sedangkan untuk anak-anak gratis.

Untuk ke puncak Ulu Kasok, pengunjung harus siapkan tenaga. Karena menuju ke sana harus berjalan kaki melewati jalan tanah yang mendaki. Ada sekitar 500 meter jaraknya dengan parkir kendaraan dengan menghabiskan waktu sekitar 15 menit.

Sesampainya di puncak, pemandangan yang indah tersaji buat semua pengunjung. Gugusan-gugusan pulau, akan terlihat jelas dari sini. Udara yang segar mengembalikan stamina yang terkuras saat mendaki sampai ke puncak.

Raja Ampatnya (Ghajo Ompek) Riau Kawasan Danau Rusa PLTA Koto Panjang Photo by @ariefbudikusuma18

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kampar, Riau, Indonesia (@explorekampar) pada

Di puncak, semua pengunjung mengabadikan gambar mereka. Tua muda, laki-laki perempuan. Dengan latar belakang danau dan gugusan pulau, semua bergaya. Ada yang sengaja membawa kamera DSLR, ada juga yang menggunakan kamera smartphone.

Di puncak, tidak hanya pemandangan lepas. Di sini, ada juga ayunan tempat bermain. Namun pengunjung diminta untuk berhati-hati, agar tak terpeleset ke jurang. Karena di lokasi ini, berbatasan langsung dengan jurang yang terjal sedalam 50 meter. (max)


Berita Lainnya

Index
Galeri