Kapolres Inhil Hadiri Festival Budaya Penganten Sahur di Desa Pulau Palas

Kapolres Inhil Hadiri Festival Budaya Penganten Sahur di Desa Pulau Palas
Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung didampingi oleh Waka Polres Kompol Dr Azwar dan sejum

TEMBILAHAN - Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung didampingi oleh Waka Polres Kompol Dr Azwar dan sejumlah Perwira bergabung bersama ribuan masyarakat, menghadiri Festival Budaya Penganten Sahur yang diselenggarakan oleh masyarakat Desa Pulau Palas Kecamatan Tembilahan Hulu, Ahad dinihari (11/6/2017). 

Festival Budaya Penganten Sahur yang bertujuan untuk membangunkan warga agar tidak ketiduran dan bisa segera makan sahur ini menjadi acara yang cukup ramai dihadiri oleh pengunjung yang berdatangan dari berbagai pelosok di Desa Pulau Palas sendiri dan desa-desa sekitar. 

Tak kurang dari 4.000 pasang mata, turut menyaksikan kemeriahan acara itu. Yang menarik adalah para pengantin adalah laki-laki, yang dirias menjadi sepasang pengantin pria dan wanita yang mewakili RT, RW dan Dusun yang ada di Desa Pulau Palas. 

Sebagai sebuah kearifan lokal, Festival ini sendiri sudah berlangsung lama, semenjak tahun 1970 dan selalu dilestarikan dan diselenggarakan, pada setiap Bulan Suci Ramadan, pada malam Minggu. 

Pada pelaksanaan Ahad dinihari ini, ada 12 pasang pengantin yang ikut festival. Kriteria yang dinilai adalah kecantikan mempelai wanita dan keserasian pasangan pengantin serta singgasana tempat pengantin akan diarak ke sekeliling Desa Pulau Palas. 

Kapolres Indragiri Hilir yang didaulat, untuk memberikan sambutan mengatakan, kegiatan ini adalah suatu hal yang sangat positif dan berharap tradisi ini dapat dilestarikan hingga menjadi event wisata lokal. 

Untuk itu Kapolres menyatakan apresiasinya kepada masyarakat Desa Pulau Palas dan Panitia Penyelenggara, dan berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaanya. 

Selain itu, Kapolres menyatakan bahwa Polres Indragiri Hilir bersama masyarakat Desa Pulau Palas dan pengunjung dari daerah lain di Negeri Hamparan Kelapa Dunia siap mengamankan kegiatan ini. 

"Untuk mengamankan kegiatan ini, Polres Indragiri Hilir menurunkan 60 orang personel dibantu oleh TNI dan panitia setempat. Selesai Festival Budaya Penganten Sahur dilaksanakan, dilanjutkan dengan makan sahur bersama," kata Kapolres Indragiri Hilir, AKBP Dolifar Manurung. (Guntur)


Berita Lainnya

Index
Galeri