Lahan Milik Pemkab Bengkalis yang Terbakar Berhasil Dipadamkan

Lahan Milik Pemkab Bengkalis yang Terbakar Berhasil Dipadamkan
Kapolsek Bengkalis AKP Syafril Thalib memadamkan Kebakaran Lahan, Ahad (23/4) sore. (Tribunpekanbaru
BENGKALIS - Kebakaran yang terjadi di lahan kosong milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis akhirnya berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari Kepolisian, TNI, Masyarakat Peduli Api serta dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Bengkalis.
 
"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 01.00 wib dini hari, dan dibantu dengan hujan yang terjadi pada subuh tadi, Alhamdulillah padam semua," kata Kapolsek Bengkalis, AKP Syafril Thalip, di lokasi kebakaran, Senin (24/4/2017) seperti dilansir Antara.
 
Dia mengatakan, kebakaran yang telah menghabiskan 20 hektar lebih lahan pemda tersebut sengaja dibakar oleh seseorang. Pihak kepolisian mencurigai seseorang dan sudah melakukan introgasi terhadap pelaku namun pihaknya belum bisa menyebutkan siapa pelaku pembakar lahan tersebut.
 
Lebih lanjut dia mengatakan, kebakaran tersebut cepat merambat karena lahan dipenuhi dengan rumput resam yang memang mudah terbakar, terlebih lagi lahan bertanah gambut.
 
"Kita khawatir kebakaran semakin meluas dan mendekati pemukiman warga kita memang berjibaku melakukan pemadaman hingga padam, meskipun kekurangan alat," kata dia.
 
 
Sementara itu, Kasi Pemadam Kebakaran Damkar Bengkalis, M Yunus menyebutkan, kebakaran diketahui dari laporan masyarakat.
 
"Kita mendapat laporan sekitar pukul 15.30 kemarin (23/4/2017), dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata memang benar terjadi kebakaran tepatnya di lahan milik pemerintah daerah Bengkalis yang berukuran 150 hektar, dan yang terbakar sekitar 20 hektar lebih," katanya.
 
Ia menjelaskan, sebelum dilakukan pemadaman pada malam itu, personil melakukan doa bersama terlebih dahulu.
 
"Karena kita khawatir, sehubungan pemadaman di malam hari pandangan terbatas, apalagi penerangan hanya menggunakan lampu senter, kita juga berkelompok melakukan pemadaman ini, banyak yang kita khawatirkan, takutnya ada ular, siapa tahu di semak belukar ini," ujanya lagi.
 
Dalam kesempatan itu ia juga menghimbau masyarakat Bengkalis untuk berhati-hati melakukan pembakaran baik itu membuka lahan maupun jenisnya. (max/ant)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri