Bob Dylan Tak Akan Hadiri Upacara Penganugerahan Nobel Sastra

Bob Dylan Tak Akan Hadiri Upacara Penganugerahan Nobel Sastra
Bob Dylan.
JAKARTA - Bob Dylan menjadi kontroversi saat diumumkan menerima Nobel Sastra, bulan lalu. Ia menambah kontroversi lagi saat tidak juga bereaksi apa pun setelah pengumuman itu. Swedish Academy sang pemberi penghargaan bahkan tak bisa menjangkau bicara langsung dengannya.
 
Kini, keputusan Dylan kembali menimbulkan kontroversi baru. Mengutip laporan Reuters, Swedish Academy mengatakan pada Rabu (16/11/2016) bahwa sang penyanyi dan penulis lagu asal Amerika itu tidak akan menghadiri upacara penganugerahan gelar Nobel di Stockholm, Swedia.
 
Itu bertentangan dengan pernyataan Dylan sebelumnya. Tiga pekan lalu, Dylan yang memang selalu menghindari media mengatakan bahwa dirinya akan hadir menerima penghargaan senilai US$870 ribu itu. Pernyataannya saat itu membuat lega, sekaligus menjadi kemunculannya membicarakan Nobel Sastra untuk pertama kali, sejak diumumkan pada 13 Oktober lalu.
 
Namun kini keputusan itu berubah. Perubahan keputusan Dylan diumumkan oleh Swedish Academy melalui situs web mereka, setelah menerima surat dari sang pelantun Like a Rolling Stone.
 
Dalam surat itu Dylan mengumumkan bahwa karena janji yang sudah terlanjur dibuat sebelumnya, ia tidak bisa menghadiri upacara penganugerahan pada Desember mendatang.
 
Ketidakhadirannya tidak berarti menganulir keputusan Swedish Academy untuk menjatuhkan Nobel Sastra pada Dylan. Ia tetap akan menjadi sosok yang menerimanya, asal memenuhi syarat lain. Syarat itu menjadi permintaan Swedish Academy untuk seluruh pemenang.
 
“Kami menunggu Bob Dylan memberikan kuliah sastra—yang mana harus dia berikan, itu satu-satunya syarat—dalam enam bulan terhitung sejak 10 Desember,” demikian pernyataan Swedish Academy. Tanggal 10 Desember merupakan malam puncak pemberian penghargaan di Stockholm.
 
Swedish Academy berjanji memberi keterangan tambahan pada Jumat (18/11/2016) mendatang.
 
Kuliah sastra yang harus diberikan Dylan sebagai pemenang Nobel Sastra, wajib dilakukan di Stockholm, sebagai bentuk pengabdiannya. Kuliah itu tidak harus serta-merta berbentuk kuliah dengan kelas. Swedish Academy menuturkan, untuk Dylan itu bisa berupa konser musik.
 
Dengan bentuk pengabdian itu, Dylan baru berhak atas hadiah uang dari Swedish Academy.
 
Dylan bukan satu-satunya pemenang yang mangkir dari upacara penganugerahan di Stockholm. Sebelumnya sudah ada novelis Inggris Doris Lessing yang dianugerahi Nobel Sastra pada 2007. Karena sakit ia tak bisa bepergian ke Stockholm. Ia lantas mengirimkan kuliah sastranya melalui surat, dan Swedish Academy membacakannya di upacara penganugerahan.
 
Selain Lessing, sosok lain yang pernah tidak menghadiri upacara penganugerahan malam sastra itu adalah Harold Pinter—juga dari Inggris, dan Elfriede Jelinek dari Austria. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri