Piala Dunia Tahun 2017 Bakal Diikuti 48 Negara?

Piala Dunia Tahun 2017 Bakal Diikuti 48 Negara?
Presiden FIFA, Gianni Infantino.
JAKARTA - Jumlah peserta putaran final Piala Dunia kemungkinan akan bertambah dari 32 hingga 48 negara. Wacana tersebut diamini langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino. 
 
Semula, Infantino pernah mengutarakan keinginannya untuk menambah jumlah peserta yang semula 32 menjadi 40. Namun, jumlah tersebut belakangan justru bertambah hingga 48 negara.
 
Sebelumnya, penambahan peserta juga terjadi pada Piala Eropa 2016. Pesta sepak bola Eropa yang digelar di Perancis itu menggunakan format 24 tim atau delapan tim lebih banyak dari sebelumnya.
 
Menurut Infantino, para anggota FIFA sudah menyiapkan beberapa format pertandingan untuk menentukan juara. Namun, keputusan mutlak baru akan ditetapkan pada 2017. 
 
“Ini adalah ide untuk mencari solusi terbaik, kami akan mendiskusikan hal ini pada bulan ini dan kami akan memutuskan semuanya pada 2017,” kata Infantino seperti dilansir Sky Sports.
 
Gagasan penambahan peserta Piala Dunia sebenarnya muncul dari mantan Presiden UEFA Michel Platini. Hal ini untuk menampung keinginan zona lain tanpa mengurangi kuota negara Eropa. Namun, mantan pemain timnas Perancis tersebut hanya menyetujui format 40 tim peserta.
 
Kendati demikian, wacana penambahan kontestan kemungkinan baru bisa direalisasikan pada Piala Dunia 2022, mengingat kualifikasi Piala Dunia 2018 sudah mulai berjalan. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri