Bupati Yopi Periksa Kendaraan Dinas ASN

Bupati Yopi Periksa Kendaraan Dinas ASN
Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto SE memeriksa kendaraan dinas di depan halaman kantor bupati, P
RENGAT - Bupati Inhu H Yopi Arianto memeriksa langsung sejumlah kendaraan dinas yang biasa digunakan para pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, Selasa (13/9/2016) di halaman Kantor Bupati Inhu. Pemeriksaan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi yang disampaikan Bupati Yopi saat menggelar pertemuan dengan pejabat eselon II serta pejabat eselon III dan IV yang baru dilantik, Kamis (8/9/2016) pekan kemarin.
 
Selain kendaraan dinas para pejabat yang dimutasi, pemeriksaan juga dilakukan terhadap kendaraan dinas dan kendaraan operasional dari seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Inhu. Pemeriksaan yang dilakukan Bupati Yopi meliputi kondisi fisik kendaraan hingga pajak kendaraan.
 
“Bagaimanapun dari hasil pemeriksaan terhadap kendaraan dinas ini kita bisa lihat karakter ASN yang menggunakannya, karena hal ini merupakan salah satu bentuk disiplin. Dan saya minta pemeriksaan ini terus dilakukan, sehingga semua bisa melihat karena ini terbuka,” jelasnya.
 
Menurut Bupati, dari hasil pemeriksaan, secara umum perlu ada upaya peningkatan, khususnya tanggungjawab ASN yang menggunakan kendaraan dinas, sehingga lebih terawat dan taat dalam pembayaran pajak.
 
Selain itu, Bupati mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap penggunaan kendaraan dinas dilingkungan Pemkab Inhu, sehingga sesuai dengan peruntukkannya. “Ini tugas dan tanggungjawab kita semua,” tegasnya.
 
Terkait dengan opsi untuk melakukan lelang terhadap kendaraan dinas yang sudah tidak produktif dan hanya membebani APBD untuk biaya perawatan. Bupati Yopi menegaskan hal itu memungkinkan untuk dilakukan.
 
“Karena itulah kita lakukan pemeriksaan dan pendataan ini, sehingga kalau memang ada kendaraan dinas yang biaya perawatannya besar, bisa saja kita lelang, tentunya kita sesuaikan dengan aturan yang berlaku,” ungkapnya.
 
Selain kendaraan dinas roda empat, Bupati juga memerintahkan Bagian Pengelolaan Aset untuk melakukan pemeriksaan dan penelusuran terhadap aset Pemkab Inhu mulai dari kendaraan dinas roda dua hingga aset tidak bergerak lainnya. Sehingga penataan aset di lingkungan Pemkab Inhu lebih baik dari sebelumnya.
 
Tidak hanya melakukan pemeriksaan langsung terhadap kendaraan dinas roda empat, Bupati Inhu H Yopi Arianto juga memeriksa absensi ASN non eselon yang terkena mutasi pekan kemarin. Dari hasil pemeriksaan itu, diketahui sejumlah ASN non eselon tidak hadir. Bahkan pemeriksaan ini akan terus dilakukan Bupati H Yopi Arianto.
 
“Yang disipilin tentu akan kita pertimbangkan kembali untuk menduduki jabatan. Tetapi yang tidak disiplin bisa saja kita tempatkan di kecamatan karena disana masih banyak membutuhkan ASN. Kita akan lihat dalam beberapa hari kedepan,” ucapnya. (max/hms)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri