Bahas Raperda Penyelenggaraan Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Ini Kata Andi Rachman

Bahas Raperda Penyelenggaraan Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Ini Kata Andi Rachman
Arsyadjuliandi Rachman

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) Riau bersama Dewan menggelar Paripurna penyampaian pandangan pemerintah atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) insiatif DPRD tentang penyelenggaraan fasilitas pelayanan kesehatan sekaligus pembentukan Panitia Khusus, Senin (25/7/2016).

Gunernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyebut pembahasan Ranperda itu dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, upaya pengangkatan pelayanan kesehatan dan penempatan tenaga kesehatan seperti dokter dan tenaga keperawatan terutama di daerah terpencil.

"Peningkatan proporsi puskesmas yang memiliki tenaga dokter, peningkatan proporsi rumah sakit memiliki tenaga dokter spesialis dasar dan penambahan tenaga kesehatan perlu di tingkatkan terutama untuk pelayanan di puskesmas dan jaringannya serta rumah sakit di kabupaten/kota terutama di daerah pelayanan terpencil," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini.

Andi dalam kesempatan itu juga menyampaikan beberapa pandangan, seperti Raperda ini sebaiknya membedakan secara tegas, mana yang merupakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan dan mana yang merupakan penyelenggaraan fasilitas pelayanan kesehatan.

Selain itu, Penyusunan Ranperda dan naskah akademik hendaknya mempedomani Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 80 Tahun 2015. Sehingga sistematika dan teknis penulisan serta pengelompokan pengaturan materi muatan Ranperda jelas dan tegas.

"Kemudian, agar dikaji secara mendalam tentang kewenangan dalam perizinan karena BAB VIII Ranperda ini yang mengatur tentang perizinan belum sesuai dengan Undang-undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Rumah Sakit. Dan untuk penyempurnaan legal drafting dan harmonisasi naskah Ranperda ini, agar dapat dilakukan pada kesempatan lain dalam proses pembahasan Ranperda ini selanjutnya," papar Andi. (Sandi)


Berita Lainnya

Index
Galeri