PARLEMEN

DPRD Nilai Banyak Kepala SKPD di Rohil yang Salah Jurusan

Anggota Komisi B DPRD Rohil, Habib Nur.
BAGANSIAPIAPI - DPRD Kabupaten Rokan Hilir menilai masih banyak jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Rohil tidak sesuai keahlian.
 
"Tak perlu saya sebutkan siapa orangnya. Tapi yang pasti kedepan kami minta Bupati dan Wakil Bupati Rohil dalam memilih jabatan kepala dinas maupun badan dan kantor perhatikan keahlian dan latar belakang pejabat itu," kata Anggota Komisi B DPRD Rohil Habib Nur kepada wartawan di Bagansiapiapi, akhir pekan kemarin.
 
Menurutnya sangat penting memperhatikan keahlian dan latar belakang seorang pejabat untuk ditempatkan disuatu jabatan kepala dinas, badan maupun kantor.
 
"Kalau tidak demikian dikhawatirkan kinerja pejabat itu tidak maksimal dan mengecewakan masyarakat. Bila perlu adakan tes bagi para calon kepala dinas yang akan ditunjuk," katanya menyarankan.
 
Dia menegaskan sudah seharusnya dilakukan pemilihan pejabat melalui tes kemampuan, karena daerah lain hal seperti itu sudah diterapkan.
 
"Kami yakin dengan dilakukan tes itu kedepan birokrasi pemerintahan bisa lebih baik dalam melayani masyarakat. Jika hasil dari seleksi pejabat itu ternyata tidak juga bekerja maksimal, maka harus segera diganti yang lebih kompeten sesuai dengan keahliannya," kata Habib Nur.
 
Politisi Partai PKB ini juga menyarankan kepada Pemkab Rohil agar memberikan penghargaan kepada kepala SKPD yang berprestasi.
 
"Berikan mereka penghargaan bagi yang telah bekerja dengan baik. Dengan begitu akan menjadi motivasi kepada yang lainnya," tuturnya.
 
Kritik yang diberikan selama ini kepada kepala SKPD baik itu berasal dari Bupati, DPRD maupun masyarakat hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan dan menjadi motivasi untuk lebih semangat dalam bekerja.
 
"Jangan dijadikan kritik itu membuat kepala SKPD lemah atau tersinggung. Jadikan masukan itu untuk perbaikan kedepannya," katanya. (max/ant)
 



[Ikuti Terus Riaurealita.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +62 0823 8944 0487
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaurealita.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan

Video