Opini

Perpustakaan di Era Digital

Perpustakaan di Era Digital
Ilustrasi
Oleh: Agus Yulianto
 
PERPUSTAKAAN merupakan jantung sebuah lembaga pendidikan. Berawal dari perpustakaan kita akan dibukakan jendela dunia lewat buku-buku. Akan tetapi, kondisi perpustakaan saat ini sudah berbeda. Minat baca masyarakat yang semakin berkurang, lebih menyukai berselancar di dunia maya. Hal ini menjadi kegalauan bagi sebagian pelaku dalam dunia pendidikan. Perpustakaan daerah yang masih kurang dukungan dari pemerintah daerah setempat. Mulai dari lokasi yang kurang strategis dan jumlah koleksi buku yang tidak pernah bertambah dan tidak menyesuaikan dengan perkembangan dunia perbukuan.  
 
Supaya perpustakaan mendapat hati di masyarakat dan bisa bertahan sehingga terus memiliki nilai kegunaan bagi masyarakat di sekitarnya, harus ada penanaman nilai-nilai fungsionalitas perpustakaan. Misal perpustakaan daerah (perpusda) melakukan kerjasama dengan komunitas yang bergerak di dunia literasi. Ada beberapa hal yang mungkin perlu diperhaikan untuk mengembalikan peran perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat seumur hidup (long life education). Melalui kerjasama oleh pihak perpusda dengan pemkab dapat melakukan dengan cara menghimpun bahan-bahan bacaan yang bersifat untuk mendukung peran perpustakaan sebagai pusat dari pendidikan seumur hidup (life-long education atau life-long learning) bagi masyarakat. Hal ini dapat dilakukan pihak perpustakaan daerah dengan pemerintah kabupaten setempat dengan menghimpun bahan-bahan bacaan yang bersifat bimbingan ke arah penerapan teknologi tepat guna. Dengan demikian masyarakat dapat mengembangkan kemampuannya (skill) serta pengetahuannya yang dapat dijadikan nilai tambah (added value) terhadap kualitas hidupnya.
 
Perpustakaan juga dapat berperan sebagai penghubung (liason) antara pakar teknologi tepat guna dengan masyarakat pengguna yang membutuhkan bimbingan teknis. Bentuk bimbingan tersebut bisa dalam bentuk kelompok belajar bersama atau adanya ruang konsultasi bagi pengguna yang membutuhkan informasi sehingga komunikasi dapat terjalin antara pakar, pustakawan dan masyarakat.
 


Berita Lainnya

Index
Galeri