34 Tahun Absen, Finlandia Bakal Jadi Tuan Rumah MotoGP Lagi di 2018

34 Tahun Absen, Finlandia Bakal Jadi Tuan Rumah MotoGP Lagi di 2018
Sirkuit Kymi Ring, yang terletak di timur utara ibukota negara, Helsinki, Finlandia.
JAKARTA - Finlandia akan segera diresmikan jadi tuan rumah MotoGP yang baru mulai musim 2018 nanti, sementara GP Jerman akan mendapatkan perpanjangan kontrak setidaknya hingga 2021 nanti, demikian dinyatakan Dorna.
 
Melalui pernyataan resminya, Dorna menyatakan bahwa mereka telah menyepakati perjanjian dengan Sirkuit KymiRing, sirkuit dekat kota Kouvola yang kini sedang dibangun.
 
Ini adalah pertama kalinya MotoGP digelar kembali di Finlandia sejak 1982 silam. Saat ini pun tak ada negara Skandinavia yang menjadi tuan rumah ajang balapan motor level elite tersebut.
 
Finlandia pernah menjadi tuan rumah MotoGP di Tampere dan Imatra pada periode 1962 dan 1982. 
 
Jarno Saarinen, pebalap yang tewas di Sirkuit Monza, Italia, pada 1973, adalah satu-satunya pebalap Finlandia yang pernah menjadi juara dunia, yaitu pada kelas 250 cc di 1972 silam.
 
Dorna juga mengumumkan bahwa Sirkuit Sachsenring yang menjadi tuan rumah GP Jerman, siap menandatangani perpanjangan kontrak lima tahun. 
 
"Kami dan ADAC (klub otomotif jerman) akan membuat pengumuman bersama dalam beberapa pekan ke depan terkait venue untuk ajang MotoGP Jerman," kata pemimpin eksekutif Dorna, Carmelo Ezpelata. 
 
Presiden ADAC Sprots, Hermann Tomczyk, mengatakan negosiasi untuk Sachsenring masih berlangsung. (max/cnn)
 


Berita Lainnya

Index
Galeri